Dosen Unusa Sosialisasikan Pengembangan Sistem Manajemen Strategi

Surabaya – Dua dosen Fakultas Ekonomi Bisnis Teknologi Digital, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) melakukan pengabdian masyarakat beberapa waktu lalu.

Dr Teguh Herlambang dan Puspandam Katias, MM,  menyosialisaskan pengembangan sistem manajemen strategi dengan pelatihan stimulasi estimasi profitabilitas perusahaan di PT Abisakti Surya Megakon yang berlokasi di Banyuurip Wetan, Juli 2023 lalu.

Teguh Herlambang mengatakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa sosialisasi perhitungan numerik ini terkait estimasi profit perusahaan.

Kegiatan ini menjadi signifikan untuk menunjang kemandirian teknologi di bidang perhotelan. Karena itu dirasa perlu diadakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam rangka meningkatkan program inovasi teknologi, khususnya perangkat lunak artificial intelligent di sektor ekonomi dan bisnis.

Sehingga dengan adanya teknologi ini memberikan keefisienan dalam pengelolaan profit perusahaan. “Pada kegiatan pengabdian masyarakat ini kami mensinergikan ilmu manajemen dengan ilmu komputasi sehingga dapat digunakan dengan lebih mudah, akurat, efektif dan efisien di dalam pengelolaan profit perusahaan,” kata Teguh.

Tindak lanjut dari kegiatan ini adalah pengembangan software sesuai kebutuhan PT Abisakti. “Kegiatan ini sangat diapresiasi oleh pihak pengelola pengelola PT Abisakti Surya Megakon dikarenakan untuk membantu menambah wawasan pengelola perusahaan dalam mengelola unit usaha,” tutur Teguh.

Metode pelaksanaan dalam program pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan melalui beberapa tahap. Pertama survey kelompok sasaran, di mana tahap ini dilakukan untuk mendapatkan informasi tentang lokasi dan permasalahan yang ada di wilayah sasaran.

Kedua melakukan persiapan sarana dan prasarana di mana tahap dilakukan persiapan sarana dan prasarana yang akan mendukung kegiatan pengabdian masyarakat.

Persiapan tentang tempat yang akan digunakan untuk sosialisasi dan sarana lain yang diperlukan dengan mempertimbangkan tingkat kebutuhan. Setelah itu dilakukan kegiatan.

Selanjutkan tahap evaluasi, di mana para stakeholder memberikan feedback tentang pelatihan yang telah dilakukan. Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui tingkat pemahaman dan manfaat bagi stakeholder PT Abisakati Surya Megakon.

Di tahap ini kata Puspandam Katias,  partisipasi mitra dalam pelaksanaan program. PT Abisakati Surya Megakon memberikan feedback tentang pelatihan yang telah dilakukan.

Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui tingkat pemahaman dan manfaat bagi bapak ibu stakeholder PT. Abisakati Surya Megakon. “Xara evaluasi pelaksanaan program dan keberlanjutan program setelah kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan menggunakan pretest dan postest,” tandasnya. (***)