Ofelita, Gadis Katolik Asal Timor Leste yang Kuliah di Kampus NU Surabaya

Surabaya – Ofelita Marlin Da Costa Viegas, gadis manis asal Timor Leste ini mempunyai keinginan yang kuat untuk menjadi perawat. Gayung pun bersambut Ofelita akhirnya kian dekat dengan mimpinya setelah diterima di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa).

“Keinginan saya dari kecil, ingin membantu orang sakit selain keluarga saya. Makanya saya ingin memperdalam ilmu kesehatan, dan Puji Tuhan saya bisa kuliah di Unusa ini,” tuturnya, Jumat (22/9).

Ofelita lantas bercerita, jika ‘perkenalannya’ dengan Unusa terjadi saat dia masih duduk di bangku SMA. Kala itu Unusa hadir Edu Fair di Timor Leste. Mengetahui Unusa memiliki jurusan yang diimpikannya, Ofelita lantas browsing di internet tentang Unusa. Hasilnya kita memantapkan Ofelita kuliah di Unusa.

“Fakultas Keperawatan di Unusa ternyata sudah terakreditasi A dan Unusa termasuk salah satu universitas termuda yang masuk 10 besar PTS terbaik se-Indonesia dan menjadi no 1 PTNU di Jawa Timur. Jadi makin sreg pilih Unusa,” tutur mahasiswi semester 1 jurusan S1 Keperawatan ini.

Hampir menjalani kegiatan pembelajaran kuliah di kampus Unusa, Ofelita mengaku beruntung dikelilingi orang-orang yang cukup mengerti akan dirinya.

“Pertama, saya tidak fasih berbahasa Indonesia. Kedua, agama saya juga berbeda dengan kebanyakan teman-teman kampus. Kebanyakan mereka muslim, sedangkan saya katolik. Tapi Puji Tuhan saya mendapatkan teman yang sangat baik, di mana mereka selalu membantu saya dalam komunikasi, membantu membuat tugas dan lain-lain,” tuturnya.

“Untuk dosen-dosennya, Puji Tuhan juga luar biasa baiknya yang selalu mengerti saya saat komunikasi karena mereka tahu saya belum lancar Bahasa Indonesia dan mereka juga sangat ramah. Untuk itu saya sangat berterima kasih kepada dosen-dosen yang selama ini sudah membantu saya dan sekarang saya masih beradaptasi,” sambung gadis yang kos di Surabaya ini.

Ofelita berharap setelah nanti lulus dari Unusa dirinya dapat mempraktekkan ilmu-ilmu yang sudah dipelajarinya.

“Semoga bisa menjadi perawat yang kompeten, bertanggung jawab, dan menjaga nama baik kampus Unusa,” tandasnya.

Unusa sendiri telah mengukuhkan 2.154 mahasiswa baru tahun akademik 2023-2024. Dari jumlah mahasiswa baru itu terdapat mahasiswa asing, yakni dari Timor Leste 8 mahasiswa dan dari Filipina 4 mahasiswa. (***)