Dua Mahasiswi Unusa Sabet Medali Emas Kejuaraan Hockey di Porprov Jatim 2023

SurabayaUniversitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) kembali meraih prestasi gemilang melalui dua mahasiswi yang berhasil meraih medali emas dalam Kejuaraan Hockey di Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur (Porprov Jatim) 2023. Kedua nama tersebut yakni Revy Marisca dari S1 Kebidanan dan Nanda Alifia dari S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Revy dan Nanda berkompetisi dalam kategori yang berbeda. Dimana Revy menjadi Juara 1 Hockey Indoor Putri dan Nanda menjadi Juara 1 Hockey U-21. Kemenangan mereka menambah gemerlap prestasi mahasiswa Unusa di kancah olahraga nasional.

Prestasi ini tidak terlepas dari dukungan penuh dari Unusa kepada mahasiswa untuk berprestasi diberbagai bidang, akademik maupun non-akademik. Para dosen di jurusan mereka masing-masing memberikan dukungan dengan toleransi izin saat kelas namun tetap dengan tegas memberikan tanggung jawab kepada mereka sebagai mahasiswa, yakni tugas pengganti.

“Alhamdulillah, dosen disini memberi dorongan full buat mahasiswanya untuk berprestasi dalam akademik maupun non-akademik, termasuk di dunia olahraga. Dukungan ini menjadi semangat tersendiri yang saya bawa saat pertandingan, termasuk dukungan dari keluarga juga,” ujar Revy saat diwawancara.

Menurut Nanda, ia mengatakan bahwa pembagian waktu antara latihan dengan kuliah menjadi tantangan tersendiri baginya. Namun, tekad yang kuat serta kedisiplinan menjadi kunci dalam persiapan pertandingan ini.

“Terkadang ketika kuliah online saya latihan sambil mendengarkan zoom, beberapa materi tertinggal karena banyaknya dispensasi yang saya ajukan untuk latihan persiapan Porprov, tetapi dibalik itu semua menjadikan saya orang yang lebih menghargai waktu, doa, dan proses. Dan alhamdulillah semua ada hasilnya,” jelasnya.

Selain itu, Revy dan Nanda mengaku banyak hal yang diperoleh saat mengikuti pertandingan Porprov ini. Tak hanya mendapat medali emas, namun banyak pembelajaran yang mereka alami. Salah satunya keuletan dan harus membunuh rasa takut untuk akhirnya bisa mengantarkan pada keberhasilan.

“Saya juga mendapatkan pembelajaran bahwa kita harus menanamkan keberanian untuk bisa berkembang meningkatkan potensi diri, dan jangan lupa meminta doa kepada orang tua saat akan pertandingan,” tukas Revy.

Prestasi gemilang ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi individu, namun hal yang sama juga tentunya dirasakan oleh orang-orang dan lingkungan terdekat, termasuk Unusa. Kemenangan ini diharapkan dapat menginspirasi generasi muda untuk berani mengejar mimpi dan terus berjuang mengembangkan bakat yang dimiliki. (Humas Unusa)