Siap Kerja di RS Dr Sulaiman Al-Habib Saudi Arabia, Lima Alumni Unusa Lolos Interview

Surabaya – Lima lulusan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) berhasil lolos dalam interview user dari Rumah Sakit Dr Sulaiman Al-Habib di Saudi Arabia. Prestasi ini merupakan hasil dari program inisiasi yang diselenggarakan oleh Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS) Unusa yang bekerjasama dengan Ini Karir Global.

Sebelumnya, LPKS Unusa telah menggelar sosialisasi karir yang berkaitan dengan peluang kerja di RS Dr Sulaiman Al-Habib Saudi Arabia pada Sabtu (9/8), yang kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan interview user di Kafe Fastron Lantai 3 Tower Unusa pada Senin (18/9).

Program inisiasi antara Unusa dan Ini Karir Global ini telah membuka pintu kesempatan bagi para pekerja atau fresh graduate dengan latar belakang perawat atau bidan yang ingin berkarir di luar negeri. Rumah Sakit Dr. Sulaiman Al Habib di Saudi Arabia merupakan salah satu institusi kesehatan terkemuka di kawasan tersebut, sehingga kesempatan ini dianggap sebagai langkah awal yang menggembirakan bagi para lulusan perawat atau bidan Unusa maupun lulusan yang di luar Unusa.

Acara interview yang dilaksanakan meloloskan 36 dari 40 peserta yang mendaftar, diantaranya ada lima alumni dari Unusa. Kelima alumni tersebut yakni Finda Rahmaniya Alumni Pendidikan Profesi Ners 2020, Lisa Devi Anggraeni Alumni D3 Keperawatan 2023, Musfaro Alumni D3 Kebidanan 2020, Dewi Nadia Alumni Pendidikan Profesi Ners 2023, dan Amanda Silvya Alumni Pendidikan Profesi Ners 2023.

“Dorongan awal saya tentu ingin mencari pengalaman sebanyak-banyaknya apalagi kerja di luar negeri, ingin tahu budaya di berbagai negara, dan untuk mengikuti ini saya sudah melakukan persiapan belajar selama 3 bulan,” ujar Finda yang menjadi peraih nilai tertinggi pada interview user ini.

Direktur LPKS Unusa, Dr. Ima Nadatien, S.KM., M.Kes. bersama alumni Unusa yang lolos interview user, Senin (18/9).

Pada kesempatan yang sama, Dewi Nadia juga mengatakan bahwa dirinya tidak menyangka untuk bisa lolos, sebab persiapan yang ia lakukan hanyalah seminggu, tidak seperti peserta yang lain dengan pembekalan berbulan-bulan dari Ini Karir Global.

“Ketika dinyatan lolos saya sangat bersyukur, karena awalnya sudah pesimis, tapi saya bertekad kuat sehari sebelum interview saya pelajari semua materi kompetensi semaksimal mungkin, dan tentunya tidak lupa minta doa restu dari orang tua,” jelasnya.

Kerjasama LPKS Unusa dengan Ini Karir Global menjadi salah satu bentuk upaya meningkatkan kualitas dan aksesibilitas kesempatan kerja bagi para lulusannya serta dapat memberikan manfaat besar bagi kemajuan karir mereka di masa depan, utamanya melalui Program Peluang Kerja di RS Dr Sulaiman Al-Habib. Tak hanya itu, program ini menjadi salah satu bentuk kontribusi Unusa dalam skala internasional.

Pencapaian kelima alumni Unusa diharap menjadi motivasi bagi para mahasiswa Unusa untuk terus berprestasi dan memanfaatkan setiap peluang yang ada. Semoga ke depannya, lebih banyak lulusan Unusa yang dapat meraih kesuksesan serupa di tingkat internasional. (Humas Unusa)