Perpustakaan Unusa Menangkan Hibah Read Japan Project 2023

Surabaya – Perpustakaan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) telah meraih kemenangan gemilang dengan meraih hibah dari Read Japan Project 2023. Proyek ini didanai oleh The Nippon Foundation yang dikelola oleh The Tokyo Foundation for Policy Research. Hibah ini bertujuan untuk memperluas pemahaman internasional dan kekayaan literatur.

Sebagai hasil dari keberhasilan ini, perpustakaan Unusa kedepannya akan memperoleh sekitar 70 judul koleksi buku-buku Jepang yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Koleksi buku-buku ini mencakup berbagai topik yang beragam, seperti budaya, sastra/seni, ekonomi/bisnis, dan lainnya. Dengan koleksi yang mencakup spektrum topik yang luas, perpustakaan Unusa berkomitmen untuk memberikan akses pengetahuan yang bermanfaat bagi mahasiswa dan masyarakat umum.

Kepala Sub Direktorat Perpustakaan, Yeni Fitria Nurahman, S.IIP., menyambut baik prestasi ini sebagai langkah maju bagi universitas. “Kami sangat bersyukur atas hibah ini, yang akan melengkapi sumber daya perpustakaan kami dan memberi mahasiswa serta dosen akses ke pengetahuan baru yang berharga,” tukasnya.

Koleksi buku-buku Jepang yang akan diperoleh oleh perpustakaan Unusa diharapkan akan menjadi sumber pengetahuan baru dalam mendukung upaya Unusa dalam merintis kurikulum internasional, serta menginspirasi penelitian dan pengembangan di berbagai bidang studi.

Mahasiswa Unusa akan dapat menjelajahi keragaman budaya dan wawasan Jepang tanpa batasan bahasa, sementara yang ingin melakukan penelitian akan memiliki akses lebih lanjut ke referensi yang relevan.

Yeni menambahkan, perpustakaan Unusa berkomitmen untuk memastikan bahwa koleksi buku-buku Jepang ini akan dapat diakses dengan mudah oleh semua pihak yang berminat. “Ini juga merupakan kesempatan luar biasa bagi mereka yang ingin memperdalam pemahaman tentang aspek-aspek berbeda dari budaya dan ilmu pengetahuan Jepang,” ucapnya.

Sebagai bagian dari strategi pengembangan dan pertumbuhan universitas, hibah ini juga akan menjadi pendorong bagi upaya lebih lanjut dalam memajukan kualitas pendidikan dan penelitian di Unusa. Dengan adanya akses baru terhadap literatur Jepang yang penting ini, perkembangan akademik di berbagai bidang diharapkan akan semakin terstimulasi. (Humas Unusa)