KKN di Desa Tenaru Gresik: Mahasiswa Unusa Berkomitmen untuk Menurunkan Angka Stunting

KKN Mahasiswa

Gresik – Sebanyak 20 Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Tenaru, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik. Kegiatan KKN ini melibatkan Mahasiswa dari berbagai program studi, termasuk Kedokteran, Keperawatan, Kebidanan, Gizi, Analis Kesehatan, Kesehatan Masyarakat, K3, Manajemen, dan Sistem Informasi, dan akan berlangsung selama hampir satu bulan.

Ketua KKN Tenaru, Muchamad Rafi Wahyu Pratama, menyatakan kesiapannya dan tim Mahasiswa untuk berkontribusi dalam pembangunan Desa Tenaru. “Kami telah merancang berbagai kegiatan dan siap untuk turut serta dalam membangun Desa Tenaru,” ungkap Rafi pada Selasa (26/7).

Lebih lanjut, Rafi menjelaskan berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan selama KKN di Desa Tenaru, mencakup bidang kesehatan, ekonomi, sistem informasi, dan pendidikan. “Insyaallah, kami akan melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan kesehatan manula, balita, dan ibu hamil. Selain itu, kami juga akan berupaya mendorong pemberdayaan ekonomi masyarakat desa Tenaru melalui pemanfaatan teknologi digital. Dan tentunya, kami akan memberikan pendampingan berupa les privat kepada adik-adik siswa SD di Desa Tenaru,” ungkap Rafi.

Salah satu fokus utama kegiatan KKN ini adalah pencegahan stunting. Angka stunting di Kabupaten Gresik masih mengkhawatirkan, tercatat hingga Desember 2022 telah mencapai 6 ribu kasus di Kabupaten Gresik.

“Ya, benar. Stunting menjadi perhatian serius dari kelompok kami. Target kami adalah menurunkan angka stunting di Gresik ini, dan salah satu upaya yang kami lakukan adalah dengan mengadakan penyuluhan Gerakan Anti Stunting (Genting),” tegas Rafi.

Bunda Mia, seorang Bidan di Desa Tenaru, mengungkapkan kegembiraannya atas kehadiran adik-adik Mahasiswa KKN dari UNUSA. “Alhamdulillah, saya sangat senang adanya adik-adik KKN di Desa Tenaru ini. Saya merasa sangat terbantu dalam melaksanakan tugas dan kewajiban saya, terutama karena UNUSA memiliki fakultas kedokteran dan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan kami,” ucap Mia dengan senyum bahagia.

KKN UNUSA tahun 2023 ini direncanakan akan berakhir pada tanggal 9 Agustus 2023. (Gho/Humas)