Terbanyak di Jatim, PKM Kewirausahaan Unusa Lolos Pendanaan 2023

Surabaya – Sebanyak 16 Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Bidang Kewirausahaan dari Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) lolos Pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2023. Hal tersebut membuat Unusa menjadi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbanyak di tingkat Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VII Jawa Timur yang meloloskan PKM Bidang Kewirausahaan. Ada delapan bidang PKM yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. Total Unusa meloloskan 33 judul dalam PKM. 

Dari total sebanyak 33 PKM Unusa yang lolos, juga menjadi terbanyak se-Indonesia di lingkungan Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) dan terbanyak ke-2 di lingkungan PTS Jawa Timur. Peringkat tersebut berdasarkan Surat Pengumuman No. 2383/E2/DT.01.00/2023 tentang Pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 8 Bidang Tahun 2023.

Direktur Akademik, Kemahasiswaan, dan Perpustakaan Unusa, Dr. Umdatus Soleha, SST., M.Kes., mengungkapkan, proposal PKM Kewirausahaan masih menjadi favorit yang dikerjakan mahasiswa. Karena PKM-K bertujuan untuk menumbuhkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam menghasilkan komoditas unik serta merintis kewirausahaan yang berorientasi pada profit.

Jumlah tim yang lolos tahun ini lebih banyak dari pada tahun sebelumnya. Jumlah ini membuktikan bahwa minat dan antusias mahasiswa di Unusa sangat tinggi, ini juga karena keseriusan dukungan dan pendampingan dari institusi.

“Jumlah total pendanaan yang diterima Unusa sebanyak Rp. 233.750.000,- Itu merupakan jumlah keseluruhan bagi 33 Proposal PKM di tahun 2023 ini. Tahun 2022 lalu, PKM Unusa lolos 6 Proposal. Kami akan dukung mahasiswa, mulai dari dukungan finansial dan dukungan moral bagi mahasiswa yang lolos PKM,” ungkapnya.

Umdatus menjelaskan, proses seleksi awal di Unusa semakin ketat dengan antusias mahasiswa yang juga meningkat. Ke-33 tim ini yang lolos ini sudah berhasil menyelesaikan beberapa tahap seleksi dan yang terbaik dari semua proposal PKM yang masuk. Enam tim yang lolos PKM ini terdiri dari 19 tim PKM Kewirausahaan, 3 tim PKM Karsa Cipta (KC), 7 tim PKM Pengabdian Masyarakat (PM), 2 tim lolos PKM Riset Eksakta (RE), dan 2 tim PKM Riset Sosial Humaniora (RSH).

“Nantinya pihak kampus akan membimbing tim yang lolos dalam program tersebut. Mereka akan dibimbing mulai persiapan proposal hingga produksi yang akan dilakukan pada setiap tim. Kami berharap bisa lolos dalam PIMNAS 2023 dan memperoleh juara dalam PKM tahun ini,” terangnya. (Humas Unusa)