Prodi K3 Unusa Lakukan Program Kelingan

Surabaya – Pengabdian masyarakat (pengmas) adalah salah satu program yang harus dilakukan akademisi selain pendidikan dan penelitian.

Itu pula yang dilakukan dosen program studi D-IV Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Fakultas Kesehatan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) yakni Friska Ayu, Merry Sunaryo dan Octavianus Hutapea.

Kegiatan ni bersinergi  dengan  Praktik Kerja Lapangan (PKL) K3 sehingga dibantu lima mahasiswa semester enam yang mengambil mata kuliah itu.

Pengabdian masyarakat dilakukan di Kelompok Usaha Bersama (KUB) Mampu Jaya kawasan Putat Jaya, Surabaya, Selasa (13/6) lalu.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat, Friska Ayu mengatakan topik kegiatan yang dipilih adalah Kelingan (Kenali Risiko Lingkungan Kerja).

“Di mana mahasiswa melakukan edukasi kepada para pekerja terkait risiko bahaya di lingkungan kerja dan upaya pencegahannya,” kata Friska.

Friska menjelaskan pengabdian masyarakat itu sasarannya adalah para pekerja sepatu sandal. Alasan memilih lokasi ini karena KUB Mampu Jaya merupakan salah satu sektor informal yang masuk dalam wilayah Pos Upaya Kesehatan Kerja (Pos UKK) Binaan Puskesmas Putat Jaya.

Pemeriksaan Tekanan Darah Bagi Warga Sekitar Puskesmas Putat Jaya

Puskesmas Putat Jaya adalah salah satu UMKM Binaan Program Studi D-IV k3, sehingga kegiatan Tri Dharma dilakukan di wilayah itu. “Masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Kami juga sangat senang,” katanya.

Selain edukasi, tim Unusa juga melakukan pemeriksaan kesehatan gratis seperti tensi darah dan sebagainya.

Kegiatan ini mendapat respon yang baik dari Atik Tri Ningsi, Ketua KUB Mampu Jaya. Dikatakannya kegiatan ini membuat warga jadi tahu bagaimana menghindari risiko di tempat kerja.

“Kami bersyukur Unusa mau ke sini lagi. Ini sudah kedua kalinya. Jangan bosan-bosan untuk datang dan mengedukasi,” tuturnya. (***)