ECC Unusa Adakan Internal English Debating Selection Untuk Delegasikan NUDC 2024

Surabaya National University Debating Championship (NUDC) merupakan kompetisi debat Bahasa Inggris antar perguruan tinggi berskala nasional yang diikuti oleh lebih dari 500 institusi pendidikan di Indonesia pada tiap tahunnya. Seluruh tim yang mengikuti seleksi regional dan menduduki peringkat teratas akan mendapat kesempatan untuk mengikuti NUDC nasional.

Untuk menyiapkan delegasi debat pada NUDC 2024, Unit Kegiatan Mahasiswa English Chat Club (UKM ECC) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) menggelar kompetisi debat antar mahasiswa internal yang disebut Internal English Debating Selection (IEDS).

Kegiatan IEDS diadakan dengan berbagai rangkaian acara, mulai seleksi peserta yang berlangsung selama sebulan, kemudian seminar, hingga grand final yang dilaksanakan Jumat (16/6).

Pembukaan IEDS 2023 pada Rabu (13/6)

Wakil Rektor I, Prof Kacung Maridjan, M.A., P.hD mengatakan bahwa dengan mengikuti ajang debat, dapat mengembangkan kemampuan tiap mahasiswa utamanya meningkatkan critical thinking.

“Selain mengembangkan skill berbicara Bahasa Inggris, dengan mengikuti NUDC mahasiswa dapat mendukung Unusa menjadi bagian universitas di dunia internasional” ungkapnya.

Dalam ajang Grand Final IEDS yang diadakan oleh UKM ECC, menetapkan Alysanifa dan Durratul Jannah dari Fakultas Kedokteran Unusa Angkatan 2021 untuk menjadi delegasi NUDC di tahun 2024 mendatang.

Diungkapkannya, Alysanifa dan Durratul melakukan persiapan dengan mengandalkan Google dan Youtube untuk mencari tahu strategi dalam lomba debat dan materi-materi yang perlu dikuasai. Selain itu, mereka juga melakukan pendekatan ke beberapa fakultas seperti fakultas hukum dan teknik untuk memperdalam mosi debat.

“Disela-sela kesibukan sebagai mahasiswa kedokteran yang dibebani banyak ujian, kita berusaha semaksimal mungkin untuk terus latihan setiap setelah melewati satu ujian, dan itu terus kita lakukan sampai menuju Grand Final IEDS ini, jadi setiap setelah ujian, malamnya kita persiapkan materi mosi debat lalu latihan bersama dan begitu seterusnya,” ungkap Alysanifa.

Durratul juga mengatakan bahwa mereka beberapa kali mengikuti sparring santai dan seminar untuk meningkatkan kemampuan debat dan untuk melatih fisik serta mental. Harapannya, mereka dapat mewakili Unusa untuk maju ke tingkat nasional di ajang NUDC 2024 dan dapat menjadi pemenang. (Humas Unusa)