Simak 6 Tips Menjaga Imunitas di Tengah Cuaca Ekstrim

Jaga Imunitas di Tengah Cuaca Ekstrim

dr. Nanda Fadhilah Witris S, M.Si – Dosen Fakultas Kedokteran

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini curah hujan tinggi pada klasifikasi Waspada hingga Awas untuk beberapa wilayah kabupaten di Provinsi Aceh, Bengkulu, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali dan Sulawesi Selatan selama Februari 2023.

Sebagaimana yang disebutkan World Health Organization, perubahan iklim (climate change) menjadi ancaman terbesar bagi kesehatan di abad ke-21. Hal ini tentunya mempengaruhi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Climate change berdampak secara langsung maupun tidak langsung. Secara langsung dengan meningkatnya intensitas dan frekuensi peristiwa cuaca ekstrem, seperti curah hujan tinggi, banjir, panas ekstrem hingga kebakaran hutan. Sedangkan secara tidak langsung, seperti memburuknya kualitas udara, perubahan penyebaran penyakit menular, ancaman terhadap makanan dan air serta dampaknya terhadap kesehatan mental.

Sistem kekebalan adalah cara tubuh melindungi diri dari infeksi dan penyakit. Sistem kekebalan tubuh manusia kompleks dan dipengaruhi oleh banyak faktor. Beberapa cara tambahan untuk memperkuat sistem kekebalan adalah makan dengan baik dan kebutuhan cairan, aktif bergerak dan rutin olahraga, menjaga berat badan yang sehat, tidur yang cukup, tidak merokok dan mengelola stres.

Berikut tips untuk menjaga imunitas di tengah cuaca ekstrim dan tidak menentu:

  1. Makan dengan Baik dan Penuhi Kebutuhan Cairan

Makan dengan baik berarti menekankan banyak buah dan sayuran, protein tanpa lemak, biji-bijian, dan susu dan produk susu bebas lemak atau rendah lemak. Makan dengan baik juga berarti membatasi lemak jenuh, kolesterol, garam, dan gula tambahan.

Di tengah cuaca tidak menentu, upayakan untuk memenuhi kebutuhan cairan dengan minum air putih setidaknya 6-8 gelas per hari atau minimal 1,5 – 2 liter. Kebutuhan cairan tubuh juga penting untuk menjaga daya tahan tubuh.

Usahakan untuk tidak mengonsumsi minuman yang banyak mengandung gula seperti soda, minuman dalam kemasan, dan minuman tinggi gula lainnya. Hindari juga minuman yang mengandung kafein yang bersifat diuretik atau membuat Anda gampang buang air kecil, seperti kopi, teh, coklat, dan lain-lain.

Makan dengan baik memberikan banyak nutrisi yang mendukung fungsi kekebalan tubuh yang optimal. Akan tetapi, terlalu banyak vitamin dan mineral bisa berbahaya. Konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan jika merasa membutuhkan suplemen nutrisi.

2. Tetap Aktif Bergerak dan Rutin Olahraga

Aktivitas fisik secara teratur membantu merasa lebih baik, tidur lebih nyenyak, dan mengurangi kecemasan. Dikombinasikan dengan makan dengan baik, aktivitas fisik dapat membantu seseorang mempertahankan berat badan yang sehat.

Mengikuti rekomendasi aktivitas fisik dengan menyesuaikan usia memberikan manfaat langsung dan jangka panjang. Penelitian yang muncul juga menunjukkan bahwa aktivitas fisik berpotensi menguntungkan kekebalan.

3. Pertahankan Berat Badan yang Sehat

Kelebihan berat badan dapat mempengaruhi fungsi tubuh. Obesitas didefinisikan sebagai indeks massa tubuh (BMI) 30 atau lebih pada orang dewasa, terkait dengan gangguan fungsi kekebalan tubuh. Obesitas juga dapat menurunkan efektivitas vaksin untuk berbagai penyakit, termasuk influenza,8 hepatitis B,9,10,11 dan tetanus.

Cara aman untuk membantu menjaga berat badan yang sehat termasuk mengurangi stres, makan makanan sehat, cukup tidur, dan melakukan aktivitas fisik secara teratur.

4. Tidur yang Cukup

Bukti ilmiah menunjukkan bahwa kurang tidur dapat berdampak negatif pada berbagai bagian sistem kekebalan tubuh. Ini dapat menyebabkan perkembangan berbagai macam gangguan.

5. Berhenti Merokok

Merokok dapat membuat tubuh kurang berhasil melawan penyakit. Merokok meningkatkan risiko masalah sistem kekebalan tubuh, termasuk rheumatoid arthritis.

6. Mengelola Stres

Pada dasarnya stres dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Stres berkepanjangan yang tidak segera diatasi dapat berpotensi menurunkan daya tahan tubuh. Hal ini menyebabkan tubuh mudah terserang penyakit. Selain mengonsumsi makanan bergizi dan olahraga, Anda juga perlu mengelola stres agar imunitas tubuh tetap terjaga. Cara kelola stres dengan rutin meditasi, olahraga, yoga, atau mengerjakan sesuatu yang membuat pikiran rileks. (***)