Ajak Masyarakat Buat Handsanitizer dari Bahan Alami

Surabaya – Himpunan Mahasiswa (Hima) Program Studi D3 Keperawatan Unusa mengedukasi ibu-ibu di kawasan Karangrejo Sawah RT 06 RW 3 Surabaya untuk membuat handsanitizer dari bahan alami.

Anggota Pengabdian Kesehatan Masyarakat Hima D3 Keperawatan Unusa, Pramesti Anggraeni, menjelaskan, pengabdian yang dilakukannya itu adalah bagian dari antisipasi untuk pencegahan terhadap penyebaran virus corona yang hingga kini masih merebak. Kami mengajarkan warga cara membuat handsanitizer dari bahan alami yang mudah didapat dari lingkungan sekitar, yakni daun sirih, jeruk nipis dan sedikit alkohol, sehingga ibu-ibu bisa membuatnya sendiri,” kata Pramesti, Jumat (12/3).

Cara membuatnya, semua bahan di jadikan satu lalu dimasukkan ke dalam botol. Dalam kegiatan ini, Hima Prodi D3 Keperawatan tidak hanya melibatkan ibu-ibu, tapi juga mengikutsertakan karang taruna. “Kami ajak masyarakat termasuk karang tarunanya untuk sama-sama mencegah dan melawan virus Corona dengan tetap menjaga kebersihan dan kesehatan,” ujar Pramesti.

Pramesti berharap melalui kegiatan ini masyarakat Karangrejo Sawah bisa memanfaatkan ilmu yang diperolehnya ini untuk bisa membuat handsanitizer sendiri dari bahan alami. “Siapa tahu juga dapat dijual di masyarakat, sehingga bisa membantu perekonomian masyarakat sekitarnya,” tuturnya. (sar humas)