Kalahkan Ratusan Peserta Dua Mahasiswa K3 Raih Juara Satu Safety Festival 2021

Surabaya – Dua mahasiswa dari Prodi D-IV K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) Unusa masing-masing Muhammad Ilham Rizqi Dermawan dan Nur Muhammad Nuzulul Syufi meraih juara satu kategori video mahasiswa di acara Safety Festival 2021 yang digelar oleh Universitas Bali Internasional. Melalui video berjudul Kalau Bukan Kita, Siapa Lagi?” menjadikan keduanya berhasil mengalahkan ratusan peserta dari seluruh Indonesia.
Muhammad Ilham Rizqi menjelaskan, pembuatan video untuk kepentingan lomba tersebut terinspirasi dari banyaknya masyarakat yang tidak peduli dengan kesehatan diri sendiri di tengah pandemi covid-19, antara lain tidak menggunakan masker saat di luar rumah, baik saat berkerja atau melakukan aktivitas lainnya.
“Video ini mengingatkan kita bahwa masih banyak di masyatakat yang saat berkerja hanya menggunakan masker asal-asalan, tidak mengenakannya secara benar, seperti dikenakan di dagu atau hanya menutupi mulut saja,” kata Ilham, Sabtu (13/3).
Dengan hasil yang diraihnya itu, Ilham membuktikan bahwa mahasiswa Unusa mampu untuk bersaing dan hasilnya cukup bagus. “Jadi kami tidak kalah dengan mahasiswa dari perguruan tinggi negeri,” katanya mengungkapkan.
Ilham menjelaskan, jika proses pembuatan video dilakukannya hanya seminggu. Waktu menjadi salah satu kendala yang dialaminya bersama rekannya. “Ini sempat membuat kami kewalahan dalam membagi waktu, mengingat saya kebetulan juga bekerja,” katanya.
Menanggapi kemenangan dua mahasiswanya, Kaprodi D-IV K3 Unusa, Muslikha Nourma Rhomadhoni, S.KM., M.Kes, mengaku bangga dengan prestasi yang diraih oleh dua mahasiswa dari K3 Unusa. Saya selalu menanamkan ke mahasiswa untuk tidak malu dalam mengikuti kompetisi atau perlombaan. Bersungguh-sungguh dalam mengikuti kompetisi adalah keharusan, perkara kemudian jadi juara, itu adalah bonus,” katanya.
Ke depan Nourma akan terus mendorong mahasiswa untuk memperoleh prestasi akademik maupun non-akademik. “Dengan cara ini mahasiswa bisa mengukur kapasitas dirinya dengan mahasiswa dari kampus lain.” (sar/kem unusa)