Permudah Komunikasi dengan Pasien, Profesi Ners Unusa Adakan Seminar dan Workshop

Surabaya – Pentingnya memiliki teknik tersendiri dalam berkomunikasi dengan pasien di Rumah Sakit membuat Program Studi Profesi Ners Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) mengadakan Seminar dan Workshop komunikasi yang efektif.

Workshop ini bertemakan effective communication to provide nursing care in 4.0 era, Sabtu (29/2) di Asrama Haji Surabaya.

Kegiatan ini secara umum bertujuan untuk memudahkan komunikasi antara pasien dan keluarga pasien.

Ketua pelaksana acara ini, Nikmatul Kamalia mengatakan, kegiatan ini untuk memudahkan perawat dalam berkomunikasi dengan keluarga atau pun dengan pasien itu sendiri. Dengan begitu seorang perawat dapat dengan mudah menyampaikan atau berkomunikasi yang baik antara keluarga atau pasien itu sendiri.

“Jadi para perawat lebih mudah penyampaian komunikasi yang baik dengan bahasa komunikasi perawat yang sudah diajarkan,” ucap Nikmatul Kamalia, Minggu (1/3).

Di tengah era digital semacam ini, Nikmatul menilai perlu adanya komunikasi yang efektif. “Perlunya komunikasi yang baik untuk menyampaikan ke Pasien atau pun keluarganya,” ungkapnya.

Seminar ini diikuti oleh mahasiswa S1 Keperawatan, Profesi Ners dan D3 Keperawatan yang ada di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA). Acara yang digelar di Hall Mina Asrama Haji Sukolilo Surabaya ini menghadirkan beberapa pemateri seperti Abdul Habib dari RSJ Menur, Letkol Ida dari RSAL, dan Rusta dari RSJ Menur.

Dalam workshop ini, peserta langsung mempraktikkan ilmu komunikasi efektif keperawatan yang telah diberikan. “Ini sangat efektif dan semua harus bisa berkomunikasi secara efektif. agar tidak ada kendala dalam menyampaikan maksud dan tujuannya,” (sar/rud humas)