Perdalam Ilmu Molekuler, Belasan Mahasiswa ITS Lakukan Kunjungan di Laboratorium Unusa

Surabaya – Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) saat ini memiliki fasilitas laboratorium biologi molekuler yang dirasa cukup lengkap, melihat fasilitas yang ada tersebut, belasan mahasiswa dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) melakukan kunjungan dan belajar ke Unusa. Mereka merupakan mahasiswa Jurusan Biologi yang ingin belajar di Laboratorium Unusa.

Belasan mahasiswa ini sedang belajar Teknik Sodium Dodecyl Sulfate-Polyacrylamide Gel Elektroforesis (SDS PAGE).

Ketua Laboratorium Biologi Molekuler Unusa, Maharani Pertiwi K, Ph.D mengungkapkan kunjungan dari mahasiswa ITS Jurusan Biologi ini untuk belajar di laboratorium UNUSA. Sebelum praktik mereka melakukan SDS PAGE. “Para mahasiswa yang melakukan kunjungan diberikan pemahaman dasar penggunaan alat yang ada di laboratorium. Kami berikan materi terlebih dahulu sebelum praktik teknik SDS PAGE ini,” ungkap Maharani, Senin (2/3).

Teknik ini merupakan teknik dasar dalam analisis molekuler. Teknik ini menggunakan prinsip elektroforesis untuk mengetahui berat molekul dari suatu protein.

Maharani menambahkan, adanya kunjungan dari mahasiswa ITS yang belajar di Unusa ini sebagai bentuk kerja sama antara ITS dan Unuaa. Jadi mahasiswa antara ITS dan Unusa bisa memanfaatkan fasilitas yang ada di sini seperti saat ini.

“Laboratorium ini digunakan dalam kegiatan mahasiswa untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang biologi molekuler dan kesehatan. Selain itu laboratorium ini berguna untuk penelitian dosen serta menjalin kerja sama penelitian dengan institusi atau lembaga terkait untuk analisis DNA dan protein,” tambahnya.

Maharani berharap ke depannya akan terjalin kerja sama penelitian antara Unusa dengan berbagai institusi lain untuk dapat meningkatkan hasil penelitian terutama di bidang kesehatan. Ini dimaksudkan untuk tujuan belajar bersama. (sar/rud humas)