Maba Unusa diberikan Internalisasi Nilai-Nilai Aswaja An Nahdliyah

Surabaya – Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB). Hari pertama yang diikuti sekitar 1.150 mahasiswa baru di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya berjalan lancar sesuai rencana, Senin (29/8).

Setelah pembukaan, mahasiswa baru diberikan materi PKKMB. Diantaranya Internalisasi nilai-nilai aswaja an nahdliyah. Dr. H. Achmad Muhibbin Zuhri, M.Ag. Ketua Pengurus Cabang NU Kota Surabaya mengungkapkan, Ahlussunah Wal Jama’ah (Aswaja) mengajarkan ajaran islam yang sebenarnya, seperti yang diajarkan Rasulullah, sahabat-sahabatnya. Ada 4 nilai yang menjadi sikap aswaja sampai sekarang, antara lain, At Tawasuth yang artinya adil, adil dalam segala hal tidak memandang rendah maupun tinggi. Nilai aswaja dalam bidang akidah, menempatkan akal, ilmu dan filsafat. Nilai aswaja dalam bidang syari’ah adalah hukum yang ditetapkan Allah SWT untuk hambanya dengan perantaraan Rasulnya. Tasamuh artinya bersikap toleran terhadap perbedaan pandangan. Amar ma’ruf Nahi Munkar, mendorong perbuatan yang baik dan bermanfaat bagi kehidupan bersama.

“Saya mengharapkan mahasiswa baru maupun mahasiswa yang sedang mendengarkan bisa menerapkan dari keempat nilai aswaja tersebut. Karena keempat nilai aswaja ini penting bagi kehidupan kita. Saya harap Unusa bisa memandang orang tanpa melihat kedudukannya, adil dalam melayani tindakan kesehatan maupun pelayanan yang lain, dan bisa bermanfaat bagi masyarakat luar yang membutuhkan. Insyaallah Unusa pasti bias,” tutur Achmad Muhibbin Zuhri. (DN, YT-Humas)