Perluas Jaringan, FKIP Unusa Silaturahmi Ke PCINU Malaysia

Malaysia – Dalam upaya memperluas jaringan kerjasama internasional dan memperkuat sinergi antara institusi pendidikan dan organisasi masyarakat, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) mengadakan kunjungan silaturahmi ke Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Malaysia.

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unusa, Dr. Mohammad Thamrin Hidayat, yang memimpin delegasi Unusa, menyampaikan bahwa kunjungan ini memiliki beberapa tujuan strategis. Salah satunya adalah untuk mempererat hubungan antara Unusa dan PCINU Malaysia dalam rangka mengembangkan program-program pendidikan yang berbasis pada nilai-nilai lokal dan global.

“Kunjungan ini adalah langkah awal untuk membuka peluang kerjasama yang lebih luas antara Unusa dan PCINU Malaysia. Kami berharap dapat mengembangkan berbagai program yang bermanfaat bagi kedua belah pihak, khususnya dalam bidang pendidikan dan penelitian,” ujar, Minggu (07/07).

Dr. Thamrin menjelaskan bahwa salah satu fokus utama dari kerjasama ini adalah pengembangan program pendidikan yang tidak hanya berorientasi pada peningkatan akademis tetapi juga pada pembentukan karakter dan nilai-nilai moral. “Kami ingin menciptakan generasi muda yang tidak hanya cerdas secara intelektual tetapi juga memiliki karakter yang kuat dan nilai-nilai moral yang tinggi. Kami percaya bahwa kolaborasi dengan PCINU Malaysia akan sangat membantu dalam mencapai tujuan ini,” tambahnya.

Pertemuan ini juga menjadi kesempatan bagi Unusa untuk mempresentasikan berbagai program unggulan yang telah dijalankan, seperti program beasiswa untuk mahasiswa berprestasi, program pengembangan keterampilan berbasis masyarakat, dan program penelitian yang berfokus pada isu-isu sosial dan lingkungan. Presentasi ini mendapat sambutan positif dari PCINU Malaysia, yang menyatakan ketertarikannya untuk mengadopsi beberapa program tersebut di Malaysia.

Selain diskusi formal, kunjungan ini juga diisi dengan berbagai kegiatan informal yang bertujuan untuk mempererat hubungan personal antara anggota delegasi Unusa dan PCINU Malaysia. Kegiatan ini termasuk kunjungan ke beberapa tempat bersejarah dan budaya di Kuala Lumpur, serta sesi ramah tamah yang diisi dengan pertukaran pengalaman dan cerita.

Sementara itu, Ketua Rois Syuriah PCINU Malaysia, Abdul Bari, S.T., M.Sc.,Eng., menyambut baik kedatangan delegasi dari Unusa. Dalam sambutannya, Abdul Bari menekankan pentingnya kolaborasi antara organisasi keagamaan dan institusi pendidikan dalam menciptakan masyarakat yang lebih baik.

“Kami sangat berterima kasih atas kunjungan ini dan siap mendukung berbagai inisiatif kolaboratif yang akan dijalankan bersama. Kerjasama ini tidak hanya memperkuat jaringan NU di tingkat internasional tetapi juga meningkatkan kualitas pendidikan dan nilai-nilai keislaman di kalangan mahasiswa,” ungkapnya.

Selama pertemuan, kedua belah pihak berdiskusi mengenai berbagai peluang kerjasama, termasuk KKN Internasional dan Pengabdian Masyarakat oleh dosen, pengembangan kurikulum berbasis nilai-nilai lokal dan global, serta penelitian bersama dalam berbagai bidang ilmu. Selain itu, Unusa dan PCINU Malaysia juga merencanakan untuk mengadakan kegiatan yang melibatkan pakar-pakar dari kedua belah pihak.

Diharapkan, kunjungan silaturahmi ini dapat menjadi langkah awal yang signifikan dalam membangun sinergi yang kuat antara Unusa dan PCINU Malaysia. Kedua belah pihak optimis bahwa kerjasama ini akan memberikan kontribusi positif bagi perkembangan pendidikan dan kebudayaan di Indonesia dan Malaysia, serta memperkuat jaringan NU di tingkat internasional. (Humas Unusa)

Kalender Akademik


This will close in 20 seconds