D-IV Analis Kesehatan Unusa Jalani Visitasi Akreditasi dari LAM-PTKes

Surabaya – Program Studi D-IV Analis Kesehatan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (D-IV Ankes Unusa) baru saja menjalani visitasi akreditasi dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes). Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, yakni pada 14-16 Mei 2024.

Visitasi akreditasi ini merupakan bagian dari proses penilaian kualitas dan standar pendidikan yang dijalankan oleh LAM-PTKes. Para asesor yang terlibat antara lain Siti Fatimah S.Si., M.Sc., Apt., dan Herlisa Anggraini, SKM, M.Si.Med. Asesmen yang dilakukan ini mencakup hal-hal seperti tata pamong, proses pembelajaran, sarana dan prasarana, sumber daya manusia, lulusan, mahasiswa, penelitian, serta kerjasama.

Ketua Prodi D-IV Analis Kesehatan Unusa, Andreas Putro Ragil Santoso, S.ST., M.Si., mengungkapkan bahwa ia bersama timnya telah melakukan persiapan untuk kelengkapan akreditasi selama tiga bulan. “Kami sangat berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan prodi D-IV Ankes Unusa. Selama tiga bulan persiapan sempat ada beberapa tim yang terkendala kesehatan, tapi kita selalu bekerja sama satu sama lain hingga waktu penilaian saat ini, dan alhamdulillah semua proses selalu dilancarkan,” tukasnya.

Proses akreditasi ini melibatkan wawancara dengan staf pengajar, mahasiswa, dan alumni. Selain itu, tim asesor juga melakukan observasi langsung ke laboratorium dan fasilitas lain yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Semua data yang dikumpulkan akan dianalisis dan menjadi dasar penilaian akhir dari LAM-PTKes.

Andreas berharap, segala upaya optimal yang telah ia lakukan bersama tim memperoleh penilaian yang baik, utamanya D-IV Ankes Unusa dapat terakreditasi Unggul. Ia menganggap kegiatan ini menjadi bentuk upaya menjadikan D-IV Ankes Unusa untuk terus menjaga kualitas pendidikan yang diberikan.

“Hasil dari akreditasi ini akan menjadi acuan bagi kami untuk terus berbenah dan memberikan pendidikan yang berkualitas, tentunya target kami yakni meningkatkan status akreditasi D-IV Ankes Unusa, yakni terakreditasi unggul, sehingga lulusan kami dapat bersaing di dunia kerja dan memberikan kontribusi nyata di bidang Analis Kesehatan,” ucapnya dengan penuh optimis. (Humas Unusa)

Kalender Akademik


This will close in 20 seconds