Bahas Data Science Bagi Keberhasilan Perusahaan, S1 Sistem Informasi Unusa Gelar Webinar Internasional

Surabaya – Himpunan Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi (Hima SI) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) menggelar acara webinar internasional bertajuk “Leveraging Data Science for Business Success”.

Dengan merujuk pada big data, kegiatan ini mencerminkan relevansi dan urgensi penerapan ilmu data dalam dunia bisnis. Webinar ini dirancang untuk memberikan wawasan mendalam tentang big data, data science, dan kecerdasan buatan (artificial intelligence).

Kegiatan yang dilaksanakan secara online melalui platform zoom, Jumat (8/3), menghadirkan Dinita Rahmalia, M.Si., seorang lulusan magister Matematika ITB yang saat ini menempuh pendidikan di bidang Manajemen Industri di National Taiwan University of Science and Technology.

Dalam penerapannya, Dinita menjelaskan mengenai pemanfaatan potensi besar dan pentingnya analisis data bagi perusahaan dalam pengambilan keputusan bisnis.

“Data Science menggunakan data terstruktur maupun tidak terstruktur untuk mendapatkan ‘knowledge’ dan ‘insight’, pada penerapan AI, semakin besar jumlah data yang diperoleh, semakin baiklah kinerja dari AI,” ucapnya.

Ketua Program Studi S1 Sistem Informasi Unusa, Ima kurniastuti S. T, M. T., mengungkapkan webinar ini diadakan dengan tujuan memberikan motivasi dan pemahaman kepada para peserta mengenai big data dan analisa data.

“Saat ini kan semua bisa dilakukan secara online, dan pasti melibatkan banyak data, apalagi perusahaan sekarang juga banyak membutuhkan seorang data analyst dan semua itu butuh pemahaman mengenai data science,” tukasnya.

Lebih lanjut, Ima mengatakan selain memberikan pemahaman mengenai konsep-konsep data science dan teknologi terkait, juga memperkenalkan peserta pada peluang sekaligus keterampilan dan alat yang diperlukan untuk berhasil di era data-driven.

Webinar ini juga menjadi kesempatan emas untuk memahami bagaimana penerapan teknologi ini dapat memberikan kontribusi besar terhadap kesuksesan bisnis di era digital ini. (Humas Unusa)