Press Unusa Ikuti Workshop dan Musyawarah Wilayah Afiliasi Penerbit Perguruan Tinggi Indonesia (APPTI)

Malang – Tim Press Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) aktif dalam meningkatkan kualitas publikasi dan penulisan dengan mengikuti kegiatan Workshop dan Musyawarah Wilayah (Muswil) Afiliasi Penerbit Perguruan Tinggi Indonesia (APPTI). Acara ini bertujuan untuk memperluas kerjasama antara perguruan tinggi dan para jurnalis maupun penulis penelitian.

Acara Muswil dibuka oleh Dr. Hayat, S.AP., M.Si. selaku Plt. ketua Korwil Jatim, Bali, dan Nusa Tenggara, berlangsung di Universitas Islam Malang (Unisma), Sabtu (11/11).

Dalam sambutannya Plt.  yang disampaikan Dr. Hayat, S.AP., M.Si.  menyambut baik terselenggaranya Musyawarah Wilayah. Peran penting APPTI sebagai afiliasi penerbitan perguruan tinggi, yang memiliki fungsi strategis dalam memberikan layanan penerbitan buku baik secara manual maupun digital.

“Perkembangan zaman teknologi kian pesat, khususnya dalam dunia penerbitan. Digitalisasi University Press diharapkan menjadi langkah baru yang dapat memudahkan akses literasi secara umum. Dr. Aribowo selaku Dewan Pengarah APPTI Pusat mengucapkan selamat bermusyawarah, semoga hasil dari pertemuan ini dapat memiliki kebermanfaatan,” ujarnya.

Salah satu staff Press Unusa, Rifky Alif Nur Faisy, S.Pd., turut hadir dan menyampaikan kesan penyelenggaraan acara tersebut. “Acara ini berjalan dengan lancar dan harapannya Unusa Press dapat andil dalam merealisasikan digilitaslisasi literasi yang digagas oleh APPTI Wilayah JATIM, Bali dan Nusa Tenggara”.

Sementara, menurut Bintang Hestika selaku pemateri workshop Digitalisasi Pemasaran dan Penjualan Buku asal Universitas Brawijaya Press mengatakan seluruh perguruan tinggi di wilayah ini harus terbagi secara merata pada standar operasional dan formula khusus di bidang pemasaran melalui sebuah teknologi.

Lebih lanjut, ia memberikan pesan kepada seluruh pengurus dan anggota APPTI agar tetap menjaga solidaritas dan kekompakan, serta perbantuan kerjasama siapapun ketua yang terpilih nanti.

APPTI sebagai wadah bagi penerbit perguruan tinggi di Indonesia turut memberikan dukungan terhadap upaya-upaya peningkatan kualitas publikasi ilmiah. Melalui kegiatan workshop dan musyawarah afiliasi, APPTI berperan sebagai fasilitator untuk membangun sinergi yang kuat antara perguruan tinggi dan penerbit.

Diharapkan, hasil workshop dan musyawarah ini dapat diimplementasikan secara konkret dalam upaya meningkatkan kualitas dan dampak publikasi yang dihasilkan oleh Unusa. (***)