Anbleed Toothbrush: Sikat Gigi Ramah Lingkungan untuk Cegah Pendarahan Gusi

Surabaya – Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) membuat sikat gigi ramah lingkungan sekaligus untuk mencegah pendarahan gusi.

Inovasi yang diberinama Anbleed Toothbrush ini lolos pendanaan   Program Kreativitas Mahasiswa – Kewirausahaan (PKM-K) yang diselenggarakan oleh Kemdikbudristek.

Tim Unusa yang terdiri dari Melina Kussumawati, Mila Oktavia, Jamilatul Qolbia, Putri Ayu Delima dan Dinda Roesa Putri Efendi itu merupakan mahasiswa Program Studi (Prodi) S1 Keperawatan, Fakultas Keperawatan dan Kebidanan (FKK).

Ketua tim, Melina Kussumawati mengungkapkan, Anbleed Toothbrush bukanlah sikat gigi biasa. Produk ini memiliki fitur-fitur yang luar biasa, seperti gagang vambu yang ramah lingkungan. Bambu adalah bahan alami yang telah terbukti memiliki sifat antibakteri. “Hasil riset mendukung bahwa bambu mampu mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri, menjadikannya pilihan yang lebih higienis dan ramah lingkungan,” terang Melina.

Melina menambahkan, sikat gigi ini dilengkapi dengan brush nylon berukuran mikro 0,1 mm yang sangat lembut saat digunakan. Ini membantu mengurangi risiko perdarahan gusi dan memberikan pengalaman menyikat gigi yang nyaman. Sedangkan bantalan silikon lunak yang ada pada bagian kepala sikat Anbleed memiliki fungsi sebagai buffer saat menyikat gigi, mencegah gesekan keras antara sikat dan gusi. Ini menjaga kesehatan gusi dengan nyaman.

“Produk Anbleed Toothbrush telah terbukti mampu menghilangkan plak gigi secara efektif, memberikan keyakinan bahwa perawatan gigi dengan nyaman dan aman adalah prioritas utama,” kata Melina.

Melina menambahkan, dengan motto: Sikat Gigi Nyaman Ramah Lingkungan, Anbleed Toothbrush ikut mewujudkan komitmen untuk menjaga lingkungan. Produk ini merupakan jawaban atas kekhawatiran akan dampak negatif produk-produk konvensional terhadap bumi, dengan bahan baku yang dapat didaur ulang dan ramah lingkungan.

“Anbleed Toothbrush adalah contoh bagaimana mahasiswa dapat memecahkan masalah kesehatan dan lingkungan melalui inovasi kreatif. Produk ini segera akan tersedia untuk masyarakat, menawarkan solusi perawatan gigi yang nyaman sambil berkontribusi pada pelestarian lingkungan,” tambah Melina.

Anbleed Toothbrush merupaksn produk hasil dari Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) yang memadukan efektivitas pembersihan gigi dengan perhatian pada keberlanjutan lingkungan. Sebuah solusi inovatif dalam perawatan gigi sehari-hari sekaligus produk ramah lingkungan. (***)