Kurangi Kecemasan Menjelang Persalinan dengan Meningkatkan Self Efikasi dan Pemberdayaan Ibu dan Keluarga

Surabaya – Dosen Program Studi D-III Kebidanan dan tim, yang terdiri dari dosen program studi profesi bidan, D-III Keperawatan dan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) melakukan asuhan kebidanan komplementer berupa pemberian aromaterapi inhalasi menggunakan diffuser (Essential Oil Diffuser Blend Aromatherapy) diberikan secara langsung saat ibu melakukan kunjungan dan kemudian di evaluasi. Kegiatan pengabdian kesehatan ini sebagai upaya mengatasi ketidaknyamanan yaitu gangguan tidur pada ibu hamil trimester III.

Pemberian konseling diberikan melalui media audio visual berupa video berisi tentang perencanaan persalinan dan beberapa video persalinan gentle birth yang telah disusun oleh tim. Video diberikan pada ibu dan keluarga sehingga dapat dilihat berulang ulang di rumah. Evaluasi hasil dari pemberian asuhan diukur keberhasilannya melalui pengukuran rasa cemas dan kepercayaan diri ibu dalam mempersiapkan persalinan pada saat kunjungan selanjutnya.

Self efikasi ibu sebelum diberikan edukasi gentle birth adalah 21 ibu (70%) memiliki self efikasi yang baik sedangkan setelah diberikan edukasi gentle birth meningkat menjadi 29 ibu (97%) memiliki self efikasi yang baik.

Self efikasi ibu hamil dalam mempersiapkan persalinan gentle birth merupakan bentuk upaya pemberdayaan masyarakat agar ibu bisa melewati proses persalinan dengan baik, lancar dan minim hambatan sehingga tidak menimbulkan trauma untuk persalinan selanjutnya. Sedangkan kader bisa memberikan motivasi dan penguatan pada ibu hamil agar tidak khawatir dan tidak cemas saat akan melahirkan. Hasil dari pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat mengoptimalkan peran kader sebagai penggerak pelayanan kesehatan.

Faktor yang paling berpengaruh terhadap kesiapan ibu dalam mempersiapkan persalinan gentle birth adalah self-efficacy. Oleh karena itu seorang ibu hamil yang mampu mempersiapkan dan meyakinkan dirinya secara terus menerus untuk dapat melaksanakan persalinan gentle birth maka akan cukup besar peluangnya untuk berhasil dalam melaksanakan persalinan gentle birth. (***)