Unusa Gelar Studi Umum Bersama Universiti Malaysia Kelantan: Peran Digitalisasi dalam Masyarakat 5.0

SurabayaUniversitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) sukses mengadakan studi umum yang berkolaborasi dengan Universiti Malaysia Kelantan (UMK) pada Kamis (14/8). Melihat persaingan dunia industri yang semakin ketat, utamanya dalam dunia bisnis, kegiatan ini mengangkat tema penting mengenai “The Role of Digitalization in Society 5.0, Discover New Business Opportunities”.

Fokus utama studi umum ini yakni bagaimana digitalisasi dapat menjadi sumber peluang bisnis yang baru dan berkelanjutan. Acara yang berlangsung di Auditorium Lantai 9 Tower Unusa ini menghadirkan Prof. Dr. Ts. Zailani bin Abdullah dari UMK sebagai pembicara utama.

Dalam presentasinya, Prof. Zailani mengulas proses usaha pada bidang digital dan peran penting digitalisasi yang dapat menjadi sumber peluang bisnis yang baru dan berkelanjutan.

“Bagi pebisnis, apapun dapat menghasilkan produk tanpa harus mengeluarkan modal materi yang besar, sehingga diperlukan berbagai inovasi dan yang paling penting mencari peluang di setiap keadaan, apalagi dunia digital saat ini sudah memudahkan,” tukasnya.

Lanjutnya, digitalisasi telah merubah dunia bisnis dengan menciptakan model baru, memungkinkan efisiensi yang lebih besar, dan memberikan akses ke pasar global yang lebih luas.

Prof. Zailani telah menghasilkan berbagai penelitian dan publikasi tentang transformasi digital dalam dunia bisnis. Ia memberikan ada beberapa tips penting untuk menjalankan usaha utamanya bagi mahasiswa yang baru membuka berbisnis.

“Kebanyakan orang di luar sana sibuk bikin konten menarik, meningkatkan kualitas produk, menambah follower sosmed tapi lupa meningkatkan jumlah produksi penjualan. Dan dalam berbisnis ada poin penting yaitu mulai dengan niat, sabar dan berusaha, komitmen dan konsisten,” jelasnya

Rektor Unusa, Prof Dr Ir Achmad Jazidie M.Eng, dalam sambutannya berterima kasih atas kesediaan Prof Zailani sebagai pembicara, ia turut menggarisbawahi kegiatan kolaborasi ini merupakan bentuk dari kerjasama yang telah terjalin antara Unusa dengan UMK sebelumnya.

“Kerjasama antar universitas dalam mempromosikan pengetahuan dan inovasi ini sangat penting, saya sangat berterima kasih adanya kegiatan kolaborasi ini dan kedatangan Prof Zailani. Semoga dari acara ini memberikan pandangan lebih mendalam tentang masa depan bisnis dan peluang di era digital,” ujarnya.

Dengan kolaborasi antara Unusa dan UMK, harapannya adalah bahwa lebih banyak acara semacam ini diadakan kedepannya untuk terus mendorong inovasi dan pemahaman tentang era digital yang terus berkembang ini, baik itu pada pendidikan, ekonomi, teknologi, maupun bidang yang lain. (Humas Unusa)

Kalender Akademik


This will close in 20 seconds