Unusa Terima Kunjungan Universiti Putra Malaysia: Bangun Kolaborasi di Bidang Psikiatri

Surabaya – Universiti Putra Malaysia (UPM) melakukan kunjungan ke Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) pada Minggu (3/9). Selain merupakan kunjungan balasan yang telah dilakukan Unusa ke UPM beberapa minggu yang lalu, kunjungan dari UPM ke Unusa ini bertujuan untuk memperluas kolaborasi dan menciptakan peluang dalam penelitian dan pendidikan.

Kunjungan dan diskusi penjajakan kerjasama tersebut diterima hangat oleh Rektor Unusa, Prof Dr Ir Achmad Jazidie, M.Eng beserta jajarannya dan representatif dari beberapa fakultas. Diskusi bertempat di Ruang Rapat Lantai 8 Tower Unusa.

Salah satu fokus utama dari kunjungan ini adalah bidang psikiatri, yang merupakan disiplin ilmu yang semakin penting dalam konteks kesehatan mental masyarakat, terutama bagi mahasiswa.

“Kami sangat senang dan berterima kasih kepada UPM telah meluangkan waktunya untuk berkunjung ke Unusa. Semoga silaturrahim ini dapat memberikan banyak manfaat bagi kedua universitas dalam meningkatkan visibilitasnya,” ucap Jazidie dalam sambutannya.

Selain kerjasama penelitian, kunjungan ini juga mencakup pertukaran pengalaman dalam pengajaran dan pembelajaran.

Dekan Fakulti Perubatan dan Sains Kesihatan UPM, Prof Dr Normala Ibrahim, mengatakan bahwa melihat banyak kecocokan antara UPM dan Unusa seperti pada program studi yang sama, sehingga dapat dilakukan banyak kolaborasi ataupun kerjasama terkait.

“Nantinya kita dapat mengambil ilmu yang nantinya dapat saling diterapkan bagi masing-masing program studi sekaligus bekerjasama dan menggagas program berkelanjutan, apalagi sama-sama dalam studi kesehatan, terutama mengenai psikiatri,” tukasnya.

Salah satu tujuan akhir dari kerjasama ini adalah meningkatkan kegiatan mobilitas mahasiswa. Melalui kerjasama ini, diharapkan akan ada pertukaran pemikiran, budaya, dan pengetahuan yang lebih dalam antara mahasiswa dari UPM dan Unusa.

Kerjasama antara UPM dan Unusa juga merupakan langkah positif dalam memajukan pendidikan dan penelitian di kedua universitas. (Humas Unusa)