Career Center Unusa Gelar Workshop Public Speaking dan Pengembangan Desain Presentasi

Surabaya Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) kembali menggelar workshop yang bertajuk ‘Public Speaking dan Pegembangan Desain Presentasi’. Acara ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa sekaligus meningkatkan rasa percaya diri untuk berbicara di depan umum serta mengembangkan keterampilan desain presentasi yang menarik juga efektif.

Acara diadakan Auditorium Towe Unusa lantai 9 pada Rabu (30/8). Dalam acara ini, turut menghadirkan dua pembicara berpengalaman dalam bidangnya, yaitu Dr. Syaifudin Noer, M.Pd, LCPC dan Fajar Tri Laksono.

Dr. Syaifudin merupakan seorang ahli dalam public speaking. Dalam workshop ini, ia berbagi strategi-strategi efektif dalam mengelola ketegangan dan memberikan tips untuk tampil percaya diri dalam setiap situasi berbicara di depan orang banyak.

Fajar Tri Laksono saat memaparkan materi

Pembicara kedua adalah Fajar Tri Laksono. Dalam workshop ini, Fajar membahas pentingnya desain presentasi yang menarik dan sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan serta tentang prinsip-prinsip desain yang efektif, pemilihan warna yang tepat, penggunaan gambar atau grafik yang mendukung, serta cara menyusun tata letak slide yang mudah dipahami oleh audiens.

Rektor Unusa, Prof. Dr. Ir. Achmad Jazidie, M.Eng.,mengatakan bahwa workshop ini merupakan bagian dari upaya Unusa dalam meningkatkan kualitas lulusan tidak hanya dari segi akademik, tetapi juga dari segi keterampilan dan kepribadian.

“Public speaking sangat diperlukan saat ini apalagi mahasiswa untuk terjun ke masyarakat, namun kami percaya bahwa kemampuan berbicara di depan umum serta keterampilan desain presentasi yang baik merupakan aset berharga bagi mahasiswa kami dalam menghadapi dunia kerja yang semakin kompetitif,” ujarnya.

Workshop ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi mahasiswa Unusa dalam mengembangkan diri mereka secara holistik. Dengan dukungan dari para pembicara yang berpengalaman, diharapkan peserta workshop dapat mengambil pelajaran berharga yang dapat diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan mereka, baik selama masa kuliah maupun di masa depan saat mereka sudah memasuki dunia profesional. (Humas Unusa)