FK Unusa Gelar Acara Seni Budaya ‘Bring Back the Value of Culture’ untuk Perkenalkan Warisan Indonesia

Surabaya – Fakultas Kedokteran Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (FK Unusa) menggelar acara pentas seni budaya yang bertajuk ‘Bring Back the Value of Culture’. Acara ini yang diadakan merupakan kegiatan kolaborasi bersama Genus Unusa dalam Program 3rd Brave dengan maksud untuk memperkaya, mempromosikan, dan mempertahankan kekayaan warisan budaya Indonesia.

Salah satu sorotan dari acara ini adalah beragam penampilan diantaranya tari saman, performa CPR dari mahasiswa FK, dan bazar wirausaha dengan menggunakan baju adat yang berbeda-beda di setiap stan.

dr. Hotimah Masdan Salim, Ph.D., mengatakan, dengan mengusung tema ‘Bring Back the Value of Culture’, acara ini bertujuan untuk mengajak generasi muda mengenali, menghargai, dan memahami nilai-nilai luhur yang terkandung dalam budaya Indonesia.

“Sesuai tema acara, kita lebih membawa kulturalnya sesuai juga sekarang kan masih bulan Agustus, dan sekaligus kita mengenalkan budaya Indonesia yang beragam kepada peserta program Brave yang berasal dari Malaysia,” ujarnya saat ditanya, Jumat (25/8).

dr. Hotimah menambahkan, melalui inisiatif ini, FK Unusa berharap dapat memberikan kontribusi positif dalam melestarikan dan menghormati budaya lokal serta nasional.

“Harapannya kami dapat memberikan kesan baik kepada mereka (peserta dari Malaysia) bahwa budaya Indonesia itu kaya, dan mahasiswa kedokteran itu sebenernya banyak potensinya, tidak hanya belajar, tapi juga untuk seni dan entrepreneurshipnya juga maju dan bisa berinovasi,” ucapnya.

Menurut salah satu peserta Program Brave, Vimira Vasu, mengatakan bahwa ia sangat senang dengan adanya pagelaran budaya ini dan mengenal banyak budaya yang ada di Indonesia.

“Di hari kelima ini saya sangat senang dan terhibur, juga jadi tahu banyak budaya di Indonesia. Dan yang menarik, saya bisa menggunakan baju kebaya,” ujarnya saat ditemui.

Dalam era globalisasi, upaya untuk menjaga dan menghormati budaya lokal sangat penting. Acara yang digelar FK Unusa ini akan menjadi tonggak dalam membangkitkan kesadaran akan pentingnya warisan budaya dan mendorong kolaborasi lintas generasi untuk merayakan keanekaragaman budaya yang kaya di Indonesia. (Humas Unusa)