Wujud Pengabdian Masyarakat, Prodi S1 Manajemen Unusa lakukan Edukasi dan Pendampingan UMKM Desa Wisata

Surabaya – Program studi S1 Manajemen Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat pada Selasa (19/6). Kegiatan dilaksanakan di Desa Karangrejo, Kediri, dengan tujuan memberikan edukasi penggiatan wirausaha kepada warga sekitar sekaligus pengembangan potensi desa.

Selain bentuk kepedulian kepada masyarakat, pengmas yang dilakukan ini sekaligus untuk berbagi ilmu, serta menjalin tali silaturahmi dan kerja sama.

Resa Kharisma Effendi sebagai Humas Desa Karangrejo, Kediri, mengatakan bahwa desa karangrejo memiliki beberapa potensi untuk penunjang ekonomi desa, salah satunya adalah Sumber Bagindowati, sumber air yang menjadi objek wisata desa dengan potensi baik namun belum dikembangkan potensinya.

“Beberapa potensi alam yang dimiliki desa karangrejo ini belum ada pengelolaan yang maksimal, seperti Sumber Bagindowati, saat ini masih dikelola oleh balai desa dan bumdes namun belum semaksimal itu karena pembangunan infrastrukturnya juga baru berjalan di tahun 2023 ini,” ujarnya.

Nantinya, dalam pelaksanaan pengmas ini, prodi manajemen akan melakukan optimalisasi pengembangan potensi desa, setelah itu juga berfokus pada pembekalan edukasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bagi warga desa.

Ketua Program Studi Manajemen, Riyan Sisiawan Putra, S.E., M.SM., menyampaikan bahwa adanya pembekalan edukasi UMKM merupakan bentuk inisiasi pelatihan bagi masyarakat untuk menambah pengetahuan tentang konsep pemasaran usaha berbasis digital sederhana. Harapannya pemasaran digital sederhana ini bisa membantu mereka menjual produk.

“Untuk pembekalan edukasi wirausaha, saat ini kita berfokus memberikan sesi pelatihan yang tujuannya membuka pola pikir berwirausaha, mulai dari cara mengelola bisnis dari sisi keuangan hingga pengantar pemasaran di era digital untuk menyesuaikan bisnis di zaman sekarang. Nantinya, di tahun mendatang kita akan fokus melakukan pendampingan bagi UMKM di desa karangrejo ini,” pungkasnya. (Humas Unusa)