BEM FK Unusa Berkolaborasi Dengan PTBMMKI Wilayah 4 Adakan Sunat Massal Gratis

Surabaya – Divisi Pengabdian Masyarakat (Pengmas) Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (BEM FK Unusa) bekerjasama dengan Perhimpunan Tim Bantuan Medis Mahasiswa Kedokteran Indonesia (PTBMMKI) Wilayah VI menggelar sunat massal yang diadakan di Klinik Pratama Al-Fitrah Kedinding Surabaya pada Minggu (11/6).

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian acara dari bakti sosial yang dibentuk oleh PTBMMKI dengan tujuan membantu ekonomi masyarakat dalam memelihara kesehatan reproduksi pada anak sekaligus bentuk pengimplementasian ilmu basic surgical skill pada teknik sirkumsisi bagi mahasiswa kedokteran. Tidak hanya itu, Sunat Massal ini juga dibantu oleh Tim Bantuan Medis (TBM) Armor dari Fakultas Kesehatan Unusa.

“Selain bekerjasama dengan TBM Armor, untuk tenaga bantuan tambahannya kami bekerja sama dengan gabungan tenaga kesehatan dari Rumah Sakit Saiful Anwar Malang,” ungkap Nihazzatuzzain sebagai Ketua Pelaksana Kegiatan.

Ditambahkannya, sunat massal ini diikuti oleh 20 anak yang merupakan warga sekitar Klinik Pratama Al-Fitrah. Kegiatan ini sebagai bentuk pengalaman pertama terjun langsung ke lapangan bagi anggota BEM FK Unusa dan TBM Armor.

“Kegiatan ini merupakan langkah nyata kepedulian BEM FK Unusa bersama TBM Armor terhadap warga sekitar. Harapannya semoga menjadi agenda rutin dan semakin banyak yang mengikuti, baik anak-anaknya maupun perbantuan tenaga medisnya,” tuturnya.

Selain itu, orang tua pun diberikan edukasi terkait perawatan luka pasca anak sunat dengan memberikan beberapa penanganan seperti pemberian obat, cara mengkonsumsi obat, dan perawatan luka luar.

Wisnu Wardhana, salah satu anggota Divisi Pengmas BEM FK Unusa mengatakan bahwa sunat massal ini dapat mencegah terkena penyakit seperti infeksi saluran kemih dan fimosis yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal hingga risiko terkena kanker prostat dan penis.

“Melihat antusias masyarakat, harapannya kegiatan ini dapat bermanfaat untuk khalayak dalam hal kesehatan dan dapat berinteraksi lebih dekat dengan masyarakat sekitar lewat sunat massal kali ini,” ucapnya. (Humas Unusa)