Hima PGPAUD Gelar Acara FerKids Guna Tingkatkan Kreatifitas Anak 

Surabaya – Himpunan Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini (HIMA PGPAUD) Universitas Nahdlatul ulama (UNUSA) menggelar kegiatan FerKids di Mall Royal Plaza, pada Minggu (9/4).

Kegiatan FerKids ini mengusung tema ‘Meningkatkan Kreatifitas Anak Menuju Generasi Rahmatal Lil’alamin’. Festival ini memperlombakan dua kategori, katergori yang dilombakan yaitu Lomba Group Bernyanyi Islmai dan Lomba Pildacil.

Walaupun digelar saat Bulan Ramadhan, kegiatan festival ini dapat berjalan dengan lancer dan tidak menyurutkan semangat para panitian untuk menyukseskan acara. Begitupun dengan para peserta yang selalu antusias mengikuti acara hingga akhir.

Kegiatan FerKids ini dibuka oleh Berda Asmara., S. Pd., M. Pd selaku dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unusa. Menurutnya, FerKids merupakan kegiatan pertama dari Hima PGPAUD yang digelar di suatu mall.

“Saya bangga sekali dengan panitia, walau acara ini acara pertama kali dilaksanakan di dalam Mall, tapi bisa berjalan sukses. Harapannya, acara ini bisa dilaksanakan yang lebih besar ditahun mendatang dan setelah acara berakhir, para guru serta orang tua terus bisa mendampingi para murid untuk mengasah skill yang dimiliki,” tuturnya.

Sambutan oleh Berda Asmara., S. Pd., M. Pd selaku dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unusa

Ketua HIMA PGPAUD, Regita Wibowo mengatakan bahwa kegiatan FerKids ini memiliki tujuan utama untuk mencari bakat anak-anak yang kemudian dapat terus diasah oleh guru maupun orang tuanya.

“Harapannya dalam kegiatan ini ialah dapat menjadi wadah penyaluran bakat anak usia dini, kita bukan mencari yang terbaik tetapi kita membantu para orang tua agar bisa menggali skill anaknya, dan juga semoga kegiatan festival ramadhan dapat bisa dilanjutkan oleh adik tingkat dan menjadi kegiatan wajib Hima PGPAUD,” ungkapnya.

Regita juga mengungkapkan pelaksanaan kegiatan ini dikhususkan untuk mencari bakat pada anak-anak usia dini, secara tidak langsung, mahasiswa juga membantu para guru dan orang tua untuk meningkatkan potensi bakat yang dimiliki setiap anak.

Dalam kesempatan yang sama, Sifa Nabila Makrufah selaku ketua pelaksana mengatakan jika melihat antusiasme dan semangat para peserta, harapannya kegiatan ini dapat terus digelar setiap tahun oleh Hima PGPAUD.

“Mungkin ini kali pertama kita melaksanakan acara FerKids ini di Mall, tapi harapan saya, acara ini bisa konsisten dan bisa diadakan lagi di tahun yang akan datang,” ucapnya saat diwawancara.

Sementara itu, salah satu guru dari peserta yang hadir, Mahmudah, mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para guru yang sedang mencari bakat siswa, acara ini sangat membantu untuk melatih keberanian para siswa. “Kegiatan ini sangat bagus, bisa membantu mencarai bakat para siswa. Saya harapkan acara ini bisa menjadi kegiatan rutin setiap tahun,” ungkap guru dari TK Al Firadaus itu. (***)