Mahasiswa D4 K3 Gelar Kunjungan Industri di PT Petrokimia Gresik

Surabaya – Program Studi (Prodi) D4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) melakukan kunjungan industri di PT Petrokimia Gresik yang merupakan salah satu mata kuliah yang harus dijalani mahasiswa. Hal ini guna untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa sebelum menjalani magang.

Kaprodi D4 K3 Unusa Muslikha Nourma Rhomadhoni, S.KM., M.Kes menjelaskan kegiatan ini sebagai salah satu amata kuliah yang dilakukan mahasiswa D4 K3. Dengan terjun langsung ke industri membuat mahasiswa sudah mempersiapkan dirinya sebelum nantinya turun ke industri untuk menjalani magang. “Jadi mahasiswa bisa menggambarkan bagaimana nantinya magangnya mereka untuk mengetahui kerjannya,” ucapnya.

Nourma menjelaskan mahasiswa langsung dibimbing oleh para ahli dari perusahaan industri tersebut. “Mereka bisa memetakan bagaimana lokasi yang memang resiko bahayanya yang tinggi,” terangnya.

Mahasiswa D4 K3 ini menjalani kunjungan industri di PT Petrokimia Gresik untuk melihat dan mengetahui lingkungan tempat kerja nantinya mahasiswa. Didampingi praktisi dan dosen Unusa, Mahasiswa mendapatkan ilmu baru dalam penerapan budaya K3 didalam perusahaan semen terbesar ini.

Mahasiswa belajar langsung bagaimana perusahaan tersebut menerapkan budaya K3 yang menjadi pendidikan yang mereka terapkan. “Dengan pengenalan lingkungan ini, mahasiswa bisa mengetahui bagaimana pekerjaan mereka yang dijelaskan langsung para ahli yang ada di perusahaan,” terangnya.

Nourma berharap mahasiswa bisa menerima pelajaran atau ilmu baru dari para praktisi perusahaan. “Ilmu yang diperoleh ini sangat berharga jadi bisa menambah ilmu mereka dan bisa siap untuk menjalani mata kuliah magang,” ungkapnya. (humas)