Hima Ners Gelar Pelatihan dan Pendampingan Penanaman Tanaman Herbal

Surabaya – Himpunan Mahasiswa (Hima) Ners Unusa melakukan pengajaran serta pendampingan penanaman tanaman herbal pada warga Desa Keleyan Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan Madura. Kegiatan ini merupakan salah satu Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) yang merupakan program dari Kementrian Kebudayaan, Pendidikan Riset dan teknologi (Kemdikbud Ristek) Direktorat Jendral Perguruan Tinggi (Dikti).

Ketua Pelaksana Moch. Rizal Abdillah menjelaskan kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk budidaya tanaman herbal di wilayah tersebut. Memiliki tanah yang subur, menjadi salah satu alasan Hima Hers melakukan pelatihan di wilayah Desa Keleyan Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan Madura.

“Keadaan lingkungan disana sangat asri dan mempunyai tanah yang subur sehingga 80 persen mata pencaharian terbesar sebagai petani hal ini membuat kami melakukan pelatihan di wilayah tersebut,” ucapnya.

Desa Keleyan memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah yang dimanfaatkan untuk menunjang kebutuhan masyarakat desa. Selain itu, tanah tersebut memiliki tekstur tanah debuan dan berwarna merah, biasanya dimanfaatkan warga untuk lahan sawah, ladang dan kebun. “Dari sini kami ingin menjadi wilayah tersebut menjadi lokasi budidaya tanaman herbal yang memang bisa dimanfaatkan warga sekitar,” ucapnya.

Dimana mahasiswa juga tidak hanya melakukan pendampingan dalam penanaman tanaman herbal. Namun juga bagaimana mengolah tanaman tersebut. “Sehingga kedepannya warga bisa memproduksi sendiri dari bahan-bahan tanaman herbal,” terangnya.

Selain itu, mahasiswa sudah mempersiapkan bagaimana masyarakat bisa menjual hasil produksi dari tanaman herbal tersebut. “Karena memang kami mempersiapkan masyarakat ini bisa memperoleh tambahan pemasukkan dengan produk dari tanaman herbal,” ujar Rizal.

Rizal berharap melalui kegiatan ini bisa membudidayakan tanaman herbal serta membantu perekonomian dari masyarakat sekitar. “Jadi bisa meningkatkan perekonomian warga sekitar,” ungkapnya. (humas)

One thought on “Hima Ners Gelar Pelatihan dan Pendampingan Penanaman Tanaman Herbal

Comments are closed.