Lima Mahasiswa Keperawatan Ciptakan Sabun Raimon

Surabaya – Lima mahasiswa Prodi Keperawatan S1 membuat sabun Raimon, sabun dengan bahan dasar alami herbal dari sereh dan lemon, sehingga aman saat gunakan untuk kulit sekaligus memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit. Lima mahasiswa Unusa itu adalah Febi Ariska Putri, Farhatu Aini, Fitriani Nurhayati, Putri Anggraini, dan Achmad Zulfikar Muzaqi.

Kelimanya membuat Raimon lantaran kedua bahan sereh dan lemon memiliki kandungan bahan yang baik bagi kulit. Seperti yang dimiliki daun sereh menghasilkan minyak atsiri dapat mengatasi kulit gatal, kulit kering dan menghaluskan kulit, selain itu memiliki aroma yang khas.

“Sedangkan lemon sendiri memiliki banyak nutrisi untuk tubuh seperti mengandung vitamin C yang dapat memperlambat proses penunaan dan melindungi sel kulit,” ucap Febi Ariska Putri, salah satu anggota tim.

Febi menjelaskan awal mula ide untuk membuat sabun Raimon. Sabun adalah produk yang digunakan setiap hari, terlebih di tengah masa pandemi, dianjurkan untuk terus mencuci tangan. “Kami terpikir untuk tidak mencuci tangan dengan sabun biasa, kami buat altenratif dengan sabun yang memiliki banyak manfaat,” ungkap mahasiswa kelahiran Bojonegoro, 13 Februari 2001.

Diungkapkannya, terbuat dari bahan herbal membuat produk berbeda dari yang lain serta aman bagi kulit. Juga memiliki khasiat yang bagus bagi kulit, membuat kelima mahasiswa ini menggabungkan dua bahan tersebut. “Biasanya dipasaran bahan keduanya dibuat sendiri jadi kami coba menggabungkan dan berhasil,” ucap Febi.

Dengan bahan gabungan ini membuat kelima mahasiswa ini yakin produknya bisa diterima di pasaran. “Dari produk yang telah kami uji coba untuk dijual, ternyata dapat diterima di pasaran. Masyarakat merasa senang dengan bahan yang kami gunakan, karena alami,” ungkap wanita yang gemar makan nasi goreng. (sar humas)