Manfaatkan Akhir Pekan Bersama Anak

Esty Puji Rahayu, SST.,M.Kes


Surabaya – Di tengah pandemi virus Corona -19 yang terus meningkat membuat salah satu dosen dari Fakultas Keperawatan dan Kebidanan (FKK) Unusa Esty Puji Rahayu, SST.,M.Kes memanfaat waktu untuk bersama kedua anaknya dengan permainan edukasi.


Akhir pekan menjadi salah satu waktu yang berharga lantaran dirinya akan meluangkan waktu bersama kedua anaknya yang masih berusia 6,5 tahun dan 3 tahun untuk bermain permainan yang melatih motorik halus dan kasar. Kesempatan ini membuat ketiga anaknya senang.


Melalui permainan, Esty menjelaskan, kedua anaknya sangat menggemari. Permainan motorik seperti bermain warna dengan oil painting. “Saya mengajarkan kedua anak saya untuk tidak takut kotor, sehingga permainan ini sangat menyenangkan,” ungkap, Senin (28/6).
Agar tidak membosankan, setiap minggu Esty selalu bermain dengan permainan berbeda, tujuannya agar anak tidak mudah bosan. “Dengan cara ini anak-anak selalu menunggu bentuk permaianan apa lagi yang akan diberikan kepada mereka untuk melatih motorik,” ungkapnya.


Wanita kelahiran Lamongan, 24 Mei 1988 ini menjelaskan, jika kedua anaknya sudah bosan dengan permainan bisanya mereka langsung mengajak untuk bersepeda. “Intinya bagaimana memanfaatkan waktu libur bersama anak secara penuh,” ungkapnya.
Sebelum pandemi datang, Esty mengaku jika setiap akhir pekan ia selalu mengajak kedua buah hatinya ke rumah neneknya di Magetan. “Perjalanan ke rumah nenek mereka membuat anak-anak semakin senang karena jalan-jalan bersama ibu dan bapaknya,” jelasnya.


Wanita lulusan D4 Kebidanan Poltekkes Kemenkes Malang ini menjelaskan, kesempatan Sabtu-Minggu untuk bersama anak membuat dirinya bisa melihat perkembangan kedua buah hatinya. “Jadi saya usahakan untuk selalu bersama anak jika akhir pekan,” jelas Esty. (sar humas)