Waspadai Bahaya TBC, Hima Kesmas Gelar Kuliah Pakar

Surabaya – Himpunan Mahasiswa (Hima) Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) menggelar kuliah pakar dengan tema tantangan dan strategi eliminasi TBC di masa pandemi covid-19.

Acara tersebut menghadirkan Dr. dr. I Wayan Gede Artawan Eka Putra, M.Epid., Dosen Kesehatan Masyarakat Universitas Udayana Bali.

Ketua Hima Kesehatan Masyarakat Unusa, Bintang Adi Kurniawan menjelaskan, kuliah pakar ini merupakan salah satu rangkaian Basic Training of Public Health (BToPH). Tema yang diambil bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang penyakit TBC di Indonesia.

“Kami mengambil tema ini karena ada penyakit yang mematikan lainnya selain Covid-19 di Indonesia, yakni TBC. Gejalanya hampir mirip seperti Covid-19,” jelas Bintang, Jumat (5/3).

Bintang menambahkan melalui kuliah pakar ini, menjadikan para peserta mengetahui tentang penyakit TBC. “Jadi peserta bisa mengetahui strategi pengendalian dan persebaran TBC di masa pandemi Covid-19,” jelasnya.

Bintang berharap, para peserta dapat memahami dan mencermati dengan betul yang disampaikan oleh pemateri, penyakit TBC ini merupakan salah satu penyakit yang berbahaya dan harus diwaspadai oleh masyarakat, selain covid 19.

“Harus diwaspadai bersama dan protokol kesehatan terus diterapkan secara maksimal,” ungkap Bintang. (sar humas)