Dosen Unusa Ingatkan Pentingnya Sertifikasi Halal Bagi Pelaku Usaha

Surabaya – Ketua Pusat Halal Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) Rachma Rizqina Mardhotillah, S.T., M.MT. menilai pentingnya sertifikasi halal bagi pelaku usaha di Indonesia.

Rachma menjelaskan banyak pelaku usaha yang belum mengetahui manfaat dari sertifikasi halal pada produk makanan atau minuman. Hal ini membuat Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama muslim namun hanya sebagai halal consumer atau dengan kata lain, indonesia masih banyak impor dari pada ekspor.

“Ini yang jadi kami juga mendorong pelaku usaha ini untuk mengurus sertifikasi halal untuk produk makanan maupun minuman yang telah diproduksi,” ucap Rachma, Rabu (8/7).

Banyak pelaku usaha terlebih Usaha Kecil Menengah (UKM) yang kesulitan dalam pengurusan untuk memperoleh sertifikasi halal. “Dengan kondisi ini membuat kami ingin membantu untuk mengatasi kesulitan tersebut dengan adanya halal center di Unusa ini,” ujar Rachma.

Rachma menjelaskan Tim pusat halal Unusa akan terus memberikan edukasi ke masyarakat lewat webinar yang akan dilakukan secara bertahap. “Kami adakan tiga sesi, terlebih mengetahui seberapa pentingnya sertifikasi halal bagi pelaku usaha,” ungkapnya.

Rachma menjelaskan acara ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan bagi para pelaku usaha tentang sertifikasi halal. “Ini bukan hanya untuk pelaku usaha tapi bagi yang ingin memulai usaha untuk mendapatkan sertifikasi halal ini seperti apa kami berikan semuanya di webinar ini,” katanya. (sar humas)