Hadirkan Pengurus PCINU Jerman, Unusa Ajak Mahasiswa Pahami Kehidupan Muslim di Jerman

Surabaya – Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) mengajak puluhan mahasiswa untuk lebih mengenal kehidupan islam di Jerman. Salah satu bentuknya konkretnya, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unusa menggelar kuliah umum dengan menghadirkan Abdulselam Aslandur.

Abdulselam merupakan Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) dari Jerman, dirinya akan bercerita mengenai kehidupan muslim di negeri yang berjuluk der panzer.

Wakil rektor 1 Unusa Prof. Kacung Marijan, Ph.D. menyambut baik acara ini, dimana mahasiswa Unusa dapat mengetahui kehidupan muslim di Jerman. Dengan mendengarkan secara langsung warga negara Jerman. “Mahasiswa bisa mengetahui kehidupan muslim di Jerman sebagai minoritas,” bebernya, Minggu (8/3).

Prof. Kacung berharap, agar mahasiswa dapat memahami dan merasakan bagaimana kehidupan di Jerman. “Termasuk bagaimana cara beribadah maupun saat akan melanjutkan kerja di Jerman,” harapnya.

Sementara itu Ketua LPPM Unusa Dr. Istas Pratomo, M.T menjelaskan, jika kuliah umum ini dilaksanakan secara daring sehingga tidak hanya mahasiswa Unusa saja yang dapat mengikuti, mahasiswa penjuru dunia dapat mengikuti perkuliahan ini melalui streaming youtube.

Melihat sambutan yang baik dari mahasiswa Unusa, Abdulselam Aslandur mengaku senang dengan bertukar pengalaman dirinya selama tinggal di Jerman. Muslim di Jerman kerap melakukan acara sekadar berkumpul untuk membahas muslim di negera tersebut.

“Setiap pertemuan itu kami memberikan pengetahuan mengenai islam ke anak-anak kecil dan orang Jerman yang beragama islam,” ungkapnya. (sar/rud humas)