Tingkatkan Mutu Prodi, D3 Keperawatan Jalani Proses Re-akreditasi

Surabaya – Program Studi (Prodi) D3 Keperawatan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) jalani Re-akreditasi untuk naik menjadi A. Proses Re-akreditasi ini dilakukan Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) selama dua hari, mulai Jumat (6/3) hingga sabtu (7/3).

Ketua Satuan Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Unusa, Wesiana Heris Santy M.Kep menjelaskan jika proses akreditasi ini dilakukan setelah sebelumnya SPMI Unusa menyatakan prodi D3 Keperawatan layak untuk melakukan Re-akreditasi eksternal, Jumat (6/3).

“Asesor LAM-PTKes menilai jika ada tujuh kriteria, salah satunya seperti Sumber daya manusia (SDM) dan Fasilitas kampus seperti Laboratorium. Beberapa kriteria ini sudah cukup memenuhi untuk melakukan audit akreditasi eksternal,” beber Wesi.

Wesi menjelaskan jika akreditasi D3 keperawatan ini akan habis satu tahun lagi. Namun karena semua kriteria sudah terpenuhi, maka SPMI Unusa mengajukan re-akreditasi. Saat ini masih B, dengan re-akreditasi ini akan meningkat menjadi A.

Wesi menambahkan, Ada beberapa prodi yang akan melakukan re-akreditasi seperti D3 kebidanan, dan S1 Keperawatan. Ini setelah semuanya sudah memenuhi tujuh kriteria ini.

Dalam proses Re-akreditasi ini, asesor akan melihat secara langsung beberapa fasiltas yang dimiliki Unusa kampus A di Jalan Smea no 57 Surabaya. Tidak hanya itu, ada beberapa berkas yang dibutuhkan untuk pemeriksaan. (sar/rud humas)