Persiapkan NUDC, UKM ECC Unusa Adakan Internal Debate Selection

Surabaya – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) English Chat Club (ECC) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) adakan Internal Debate selection guna mempersiapkan National University Debate Championship (NUDC).

NUDC sendiri merupakan sebuah kompetisi debat yang memberi wadah berkembangnya potensi mahasiswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, terampil, kompeten dan berbudaya.

Seleksi internal ini diikuti oleh seluruh fakultas di Unusa dengan jumlah peserta 31 tim yangmana tiap tim terdiri dari dua orang.

Edi Pudjo Basuki, M.Pd., selaku pembina UKM ECC mengungkapkan bahwa dirinya sangat berterima kasih atas partisipasi seluruh mahasiswa dalam acara ini, mengingat jumlah tim pada tahun ini meningkat dibanding pada tahun sebelumnya.

“Saya sangat berterima kasih atas seluruh partisipasi mahasiswa dalam acara ini, mulai dari hadir di acara Technical Meeting, mempersiapkan materi motion hingga datang pada hari H. Alhamdulillah tahun ini peserta meningkat dibandingkan tahun sebelumnya,” ujar edi.

Acara ini berlangsung selama dua hari yakni pada tanggal 23 dan 24 februari di Aula Kampus A Unusa, dengan rangkaian agenda pada hari pertama babak penyisihan dan semifinal, kemudian dilanjutkan dengan hari berikutnya yakni grand final.

Namun sebelumnya UKM ECC juga memberikan pengarahan ke peserta debat pada acara Technical Meeting pada hari kamis, (21/02) di Gedung Tower Lantai 5 Unusa, yang dihadiri oleh Rizzal Kuddah, M.Pd., dengan pemberian materi mengenai teknik debat NUDC yang menggunakan British Parliamentary. Beliau juga mengungkapkan tujuan diadakannya Internal Selection untuk mendapatkan bibit bibit unggul debater yang akan dikirim ke kopertis.

“Acara ini diadakan memang untuk mempersiapkan NUDC, namun sebelum itu masih ada seleksi kopertis, maka kita persiapkan dari awal,” ujar Rizzal selaku narasumber dan juri debat.

Acara ini dimenangkan oleh 3 tim, yang terdiri dari juara pertama oleh S1 Program Studi (Prodi) Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM), M.Faris Zaini dan Sofi Azila Aini, juara kedua diraih oleh S1 Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), Nurul Latifatul Azizah dan Ichtianur Meilinda, juara ketiga diraih oleh D3 Kebidanan, Noriko Dyah Ayu S., Aziza Ardila Putri. (nrl/humas).