Unusa Dinkop Surabaya Gelar Lomba Koperasi

Surabaya

Sebanyak 200 peserta dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Surabaya mengikuti lomba Koperasi Siswa tingkat SMP se-Surabaya. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) dengan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Surabaya, Minggu, (9/4). Ada lima jenis perlombaan dalam kegiatan tahun ini, Olimpiade Koperasi, Cerdas Cermat Koperasi, Debat Koperasi, Karya Tulis Koperasi, dan Penyuluhan Koperasi.

Ditemui disela-sela pembukaan acara di Kafe Fastron Lantai 3 Unusa Tower., M. Taswin, SE, MM., Plt. Kepala Dinas dan UMKM Kota Surabaya menuturkan, koperasi sekolah termasuk salah satu bentuk koperasi khusus, karena sangat berperan dalam membentuk siswa untuk memelihara dan mengembangkan rasa tanggung jawab, disiplin, setia kawan dan jiwa demokrasi serta sebagai sarana untuk belajar dan mempraktikan ilmu yang telah dipelajari dalam pelajaran ekonomi dan koperasi.

“Koperasi sekolah jika dikelola dengan baik dapat membentuk peran siswa supaya berjiwa wirausaha kerena koperasi juga sebagai sarana untuk latihan berorganisasi dan berusaha,” tuturnya.

Dia melanjutkan, pendidikan perkoperasian dapat dilaksanakan melalui lembaga-lembaga pendidikan dengan mendirikan koperasi sekolah di tingkat SD, SMP, SMA. Koperasi di lingkungan perguruan tinggi disebut koperasi mahasiswa (Kopma). “Kaitannya dengan lomba tahun ini, Dinas Koperasi dan UMKM Surabaya telah bekerjasama dengan Unusa menyelenggarakan lomba kopreasi tingkat SMP, tahun ini merupakan tahun kedua dilaksanakannya lomba. Tahun lalu, peserta yang disasar dari jenjang SMA. Sedangkan, tahun 2017 kita fokuskan ke tingkat SMP, karena di tingkat SMP merupakan pondasi dalam pemahaman terntang perkoperasian,”  kata mantan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Surabaya ini.

Prof. Kacung Marijan, Wakil Rektor I Unusa menuturkan, masa muda merupakan masa gemilang dalam melakukan banyak hal. Salah satunya menjadi wirausaha muda. Kehadiran wirausaha muda di kala bangsa sedang mengalami krisis global telah mampu menciptakan peluang bagi dirinya untuk memperoleh pendapatan tertentu dan dapat memberikan kesempatan kerja bagi orang lain. Salah satu bentuk konkret untuk mewujudkan wirausaha muda adalah mengadakan lomba koperasi di tingkat SMP.

“Unusa berkomitmen untuk mendampingi Dinas Koperasi dan UMKM Surabaya dalam menciptakan wirausaha muda. Pada dasarnya, di tingkat SMP itu merupakan penambahan wawasan perkoperasian, karena di tingkat SMP itu masa-masa pemahaman produk koperasi  dan proses memulai usaha,” ungkapnya. (Humas Unusa)