Darma Wanita Kopertis Wilayah VII Terima Materi Pengabdian Masyarakat dari Unusa

Surabaya

Sebanyak 30 orang yang tergabung dalam anggota Darma Wanita Kopertis Wilayah VII Jawa Timur, menerima materi manajemen keuangan keluarga dengan judul Cerdas Mengelola Keuangan Keluarga, kegiatan di gelar di Ruang Arjuna Kopertis Wilayah VII Jawa Timur, Kamis (24/11).

Kegiatan yang merupakan inisiasi Pengurus Darma Wanita Kopertis Wilayah VII bertujuan untuk menjadikan perempuan sebagai manajer keuangan di dalam keluarga, pemateri yang dihadirkan merupakan Ketua Bidang 3 Pengabdian Masyarakat (Pengmas) Univesitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa), M.Ghofirin, M.Pd.

Saat ditemui wartawan,  Ghofirin menuturkan, perempuan memiliki 5 keistimewaan di antaranya, perempuan dianggap lebih pintar mengelola keuangan, perempuan hidup lebih lama dibandingkan laki-laki, perempuan tidak mau ambil resiko dalam berinvestasi, perempuan berperan besar dalam pendidikan anak, dalam masalah belanja, perempuan punya kebiasaan dan ketertarikan yang khusus.

“Lima keistimewaan itulah yang membuat laki-laki percaya, bahwa perempuan layak sebagai manajer keuangan keluarga. Hal ini merupakan poin penting bagi wanita agar menjaga amanah dan kepercayaan suaminya,” ungkap Dosen Unusa tersebut.

Ghofirin melanjutkan, peran seorang perempuan di dalam keluarga sangat penting, karena seorang perempuan menjadi ujung tombak mengatur pengeluaran Rumah Tangga, Mencari penghasilan tambahan, dan mengajarkan hakikat uang pada anak.

“Lima cara mengajarkan anak untuk mengelola keuangan, atur uang saku rutin, ajak ia belajar bekerja secara sederhana, ajarkan ia menabung, ajak ia membuat anggaran sederhana, ajarkan ia menyumbang. Lima hal itulah yang ada membuat anak lebih mandiri khususnya dalam mengatur keuangan pribadinya,” pungkasnya. (Humas Unusa)