HARLAH PANCASILA 2024: Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045

HARI LAHIR PANCASILA diperingati setiap tahunnya pada tanggal 1 Juni di Indonesia. Tanggal ini memiliki makna yang sangat mendalam karena menandai momentum penting dalam sejarah bangsa Indonesia, yaitu kelahiran Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia. 

Pada momen ini, masyarakat Indonesia diajak untuk kembali mengingat dan menghargai proses panjang yang melibatkan para pendiri bangsa dalam merumuskan Pancasila. Bung Karno, yang pertama kali mengemukakan konsep Pancasila pada pidatonya tanggal 1 Juni 1945, mencerminkan semangat persatuan dan gotong royong yang menjadi landasan utama kehidupan berbangsa dan bernegara.

Peringatan Hari Lahir Pancasila juga menjadi kesempatan untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat agar tidak melupakan sejarah. Peringatan ini menjadi sarana untuk menyegarkan kembali ingatan kita tentang perjuangan para pahlawan yang telah berkorban demi kemerdekaan dan persatuan Indonesia. 

Selain sebagai penghormatan terhadap sejarah, peringatan ini memiliki tujuan yang lebih luas, yaitu untuk menanamkan dan memperkuat nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila yang terdiri dari lima sila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia, adalah pedoman bagi seluruh rakyat Indonesia dalam berbagai aspek kehidupan.

Dengan mengingat nilai-nilai tersebut, diharapkan masyarakat Indonesia dapat lebih memahami dan mengaplikasikan Pancasila dalam berinteraksi sosial, berpolitik, dan berekonomi. Ini bukan hanya sekedar seremonial tahunan, tetapi juga menjadi momentum refleksi dan aksi nyata untuk memperkuat kebersamaan, toleransi, dan keadilan sosial.

Oleh karena itu, peringatan Hari Lahir Pancasila harus dimaknai sebagai wujud dari komitmen bersama untuk terus menjaga dan mengamalkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila. Dengan demikian, kita semua bisa berkontribusi dalam membangun Indonesia yang lebih baik, harmonis, dan sejahtera berdasarkan semangat Pancasila.

Tema Hari Lahir Pancasila 2024

Dikutip dari laman resmi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP RI), peringatan Hari Lahir Pancasila mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.

Hal ini tertera dalam Surat Edaran Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Nomor 2 tentang Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024.

Tema ini memiliki maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat.

Dengan mengusung tema ini, diharapkan seluruh masyarakat dapat berkontribusi dan bekerja sama dalam mewujudkan cita-cita tersebut, menjadikan perbedaan sebagai kekuatan untuk memajukan Indonesia.

Kalender Akademik


This will close in 20 seconds