The 3rd NU ISoMLaTech: Memanfaatkan Bahan Alami dalam Bidang Kesehatan Melalui Pendekatan Nanoteknologi

Ary Andini, ST, M.SiD – Dosen D-IV Analis Kesehatan, Fakultas Kesehatan (FKes)

UNIVERSITAS  Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) kembali memperkuat peranannya dalam mendukung kesejahteraan mahasiswanya dengan menyelenggarakan International Seminar on Medical Laboratory Technology (ISoMLaTech) 2024 yang ke-3.

Dengan mengusung tema “Utilizing Natural Materials In Healthcare Through A Nanotechnology Approach”, acara ini digelar secara online melalui zoom meeting yang dihadiri sebanyak 216 peserta baik dari dalam maupun luar negeri, padanRabu (6/3).

Seminar kali ini tidak hanya menyoroti aspek teknologi laboratorium medis tetapi juga memberikan perhatian khusus pada pemanfaatan bahan alami dan nanoteknologi dalam pengembangan perawatan kesehatan.

Tema ini menjadi relevan karena saat ini pemanfaatan bahan alami dalam bidang kesehatan telah menjadi fokus penelitian yang semakin meningkat. Tanaman obat herbal, dan bahan alami lainnya telah lama dikenal karena sifat-sifat penyembuhan dan pengobatan mereka yang unik.

Di samping penggunaan bahan alami yang terus berkembang, kemajuan nanoteknologi juga menjadi sorotan utama dalam pengembangan perawatan kesehatan. Karena itu, dengan diadakannya seminar ini dapat memberikan wadah bagi para peneliti, akademisi, dan praktisi kesehatan untuk berbagi pengetahuan, pengalaman dan hasil penelitian terkini dalam pemanfaatan bahan alami dan nanoteknologi dalam pengembangan perawatan kesehatan

Para pembicara yang diundang untuk menyampaikan materi dalam seminar ini memberikan wawasan mendalam tentang berbagai aspek yang relevan. Dk Dr Nurolini Pg Haji Muhd Kifli, Herbal Research Lead University Brunei Darussalam, sebagai pembicara pertama, menjelaskan mengenai peran bahan alami dalam perawatan kesehatan dan menyoroti pentingnya pemanfaatan sumber daya alam dalam bidang tersebut.

Pembicara kedua, Suryandaru, MT, selaku president director PT. Nanotech Indonesia Global, Tbk, menyoroti inovasi nanoteknologi di sektor kesehatan dan menggambarkan peran penting teknologi ini dalam kemajuan industri kesehatan secara global.

Pembicara ketiga, M. Afwan Romdloni, M.Ag, seorang dosen dari Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, membahas mengenai khasiat obat herbal dalam pandangan Islam yang menambahkan dimensi spiritual dan etis dalam diskusi tentang penggunaan bahan alami dalam perawatan kesehatan.

3rd Seminar internasional ISoMLaTech ini diharapkan dapat memberikan lebih dari sekadar wawasan, yakni juga inspirasi dan motivasi dalam menggali potensi pemanfaatan bahan alami dan nanoteknologi dalam perawatan kesehatan.

Dengan menghadirkan pembicara-pembicara ternama pada seminar ini, Unusa bertekad untuk tidak hanya memberikan informasi, tetapi juga mendorong perubahan nyata dalam perilaku hidup mahasiswa Indonesia yang berada di dalam maupun luar negeri, sehingga mereka dapat menjadi agen perubahan positif bagi bangsa dan masyarakat. (***)