Ajak Pelajar Tak Golput, Unusa Gelar ‘Pemilu’ untuk Jaring Mahasiswa Baru

Surabaya – Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) merupakan sebuah langkah awal kampus menjaring mahasiswa baru. Berbagai program menarik dapat dilakukan kampus untuk menarik minat calon mahasiswa baru. Seperti yang dilakukan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa). Kampus ini memiliki program ‘Pemilu’ untuk PMB.

“Kami menerbitkan promo ‘Pemilu’ yakni Pelajar Memilih Unusa. Promo program ini dilaksanakan pada tanggal 14 sampai dengan 16 Februari,” ujar Drajad Uji Cahyono, S. Kom, Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Unusa, Selasa (13/2).

Drajad menjelaskan, program ‘Pemilu’ dilaksanakan berkaitan dengan momen pelaksanaan Pemilu 2024. Program ini didedikasikan bagi calon pendaftar yang sudah nyoblos di Pemilu.

Agar bisa mendapatkan program promo tersebut, ada beberapa ketentuan yang perlu diperhatikan calon pendaftar. Yakni, yang bersangkutan harus memposting foto/video yang terlihat wajahnya dengan menunjukkan jari tangan yang terkena tinta sebagai bukti telah melaksanakan pencoblosan.

“Posting di media sosialnya dengan mention akunnya Unusa, @unusa_official,” imbuhnya.

Drajad mengungkapkan, program ‘Pemilu’ ini dilaksanakan bukan semata untuk menjaring mahasiswa baru, tapi juga mendorong pelajar untuk lebih berani unjuk diri di medsos bahwa dia bukanlah pelajar yang apatis di Pemilu. Tapi dia juga pelajar yang berkontribusi dalam pemilihan umum.

“Jadi bukan pelajar yang golput, tapi pelajar yang turut berkontribusi di Pemilu dengan menggunakan hak pilihnya,” tukasnya.

Drajat melanjutkan, bagi pelajar yang mengikuti program ‘Pemilu’ ini nantinya akan mendapatkan potongan biaya Dana Pengembangan Pendidikan (DPP) sebesar 10 persen.

“Promo ini benar-benar bisa dimanfaatkan sesuai waktu yang telah ditentukan, yakni di tanggal 14 sampai 16 Februari saja,” ujarnya.

Drajad menuturkan, pihaknya dapat melakukan seleksi penerimaan mahasiswa baru dalam sehari atau one day service. (***)