Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya Kunjungi Japan Corner Milik Unusa

Surabaya – Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya lakukan kunjungan resmi ke Japan Corner, salah satu fasilitas yang dimiliki Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa). Kunjungan ini menjadi momen penting dalam memperkuat kerjasama antara Jepang dan Indonesia, terutama dalam bidang pendidikan dan budaya.

Dua orang Konsulat Jendral Jepang yakni Mr. Nakagome Kota sebagai Konsul Muda bagian informasi bidang pendidikan dan kebudayaan yang berasal dari Osaka serta Muchamad Zinuri sebagai staff Konsulat Jendral Jepang di Surabaya disambut dengan hangat oleh Rektor Unusa, Prof. Dr. Ir. Achmad Jazidie, M.Eng., pada Rabu (22/11), siang.

Nakagome mengatakan bahwa Japan Corner yang dimiliki Unusa didesain seperti rumah di Jepang dan berisikan beberapa aksesoris budaya Jepang serta beberapa buku kebudayaan. Hal tersebut sangat membantu bagi para mahasiswa untuk mengetahui dan mempelajari budaya Jepang.

Diketahui, Japan Corner adalah fasilitas yang dimiliki yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa sekaligus alumni Unusa untuk mengenal budaya dan seni serta belajar bahasa Jepang. Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS) Unusa juga memanfaatkannya untuk menunjang kegiatan pelatihan dan persiapan peserta yang akan bekerja di Jepang. Fasilitas ini tidak hanya menyediakan berbagai literatur dan materi pendidikan tentang Jepang, tetapi juga menjadi tempat untuk mempromosikan pertukaran budaya antara kedua negara.

Tujuan kunjungan ini, membuka peluang untuk lebih memperkuat kerjasama pendidikan antara Jepang dan Unusa. Kemungkinan adanya pertukaran pelajar dan program bersama dapat menjadi langkah positif dalam meningkatkan pemahaman lintas budaya.

Menurut Direktut Utama LPKS Unusa, Dr. Ima Nadatien, S.KM., M.Kes., megungkapkan bahwa adanya Japan Corner merupakan fasilitas yang disediakan bagi para mahasiswa maupun alumni Unusa yang ingin melanjutkan karirnya ke Jepang.

“Tujuan dari adannya Japan Corner ini sebagai fasilitas penunjang bagi mahasiswa ataupun alumni untuk lebih mengenal kebudayaan Jepang. Selain itu, Japan Corner ini membantu persiapan pelatihan kerja KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) untuk mempersiapkan diri berkarir di Jepang,” ujarnya.

Kunjungan Konsul Jenderal Jepang ke Japan Corner Unusa menciptakan momentum positif untuk kerjasama bilateral. Melalui penguatan hubungan ini, diharapkan akan terjadi pertumbuhan yang lebih baik dalam bidang pendidikan, budaya, dan ekonomi antara kedua negara. (Humas Unusa)