Bangga! 47 Mahasiswa Unusa Lolos Program MSIB 2023

Surabaya – Sebanyak 47 mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) dinyatakan berhasil lolos dalam program Magang Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Batch 5 dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Perlu diketahui, Program MSIB dari MBKM merupakan inisiatif pemerintah yang bertujuan untuk mendorong partisipasi aktif mahasiswa dalam pengembangan diri di luar kurikulum formal. Melalui program ini, mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengikuti berbagai program magang, pelatihan, dan kegiatan lainnya yang dapat meningkatkan keterampilan dan kompetensi mereka.

Mahasiswa yang terpilih dalam program ini telah melewati proses seleksi yang ketat dan berhasil mengalahkan ribuan mahasiswa yang mendaftar dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Dari 47 mahasiswa Unusa yang lolos, sebanyak 40 mahasiswa lolos mengikuti kegiatan magang, dan 7 mahasiswa lolos dalam kegiatan studi independen.

Dr Umdatus Soleha, SST., M.Kes, Direktur Akademik Kemahasiswaan dan Perpustakaan, mengungkapkan kebanggaannya terhadap pencapaian mahasiswa Unusa yang berhasil lolos dalam Program MSIB Batch 5 MBKM.

“Keberhasilan ini adalah hasil dari kerja keras, dedikasi, dan semangat juang para mahasiswa. Kami sangat mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui program-program seperti MSIB ini. Dengan adanya program ini, mahasiswa dapat mengasah keterampilan praktis sekaligus memperdalam pemahaman teoritis,” tukasnya, Rabu (16/8).

Adapun perusahaan dan lembaga yang menjadi tujuan magang dan studi independent 47 mahasiswa yang lolos dalam program MSIB diantaranya PT Bank BTPN Syariah Tbk, PT Orbit Ventura Indonesia, PT Educa Sisfomedia Indonesia, PT Kinema Systrans Multimedia, PT Nurul Fikri Cipta Inovasi, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya, Dinas Kesehatan Kota Surabaya, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya, dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Surabaya.

Umdatus juga menambahkan, “Pencapaian 47 mahasiswa Unusa yang lolos dalam program MSIB ini tidak hanya merupakan prestasi individu, tetapi juga mencerminkan kualitas pendidikan yang dijunjung tinggi oleh universitas. Semoga keberhasilan ini dapat memberikan inspirasi dan dorongan kepada mahasiswa lainnya untuk terus berprestasi dan mengambil bagian dalam program-program pengembangan diri yang berharga seperti MBKM,” ucapnya.

Para mahasiswa yang telah lolos dalam program magang ini akan memiliki kesempatan untuk memperluas wawasan, membangun jaringan profesional, dan mengembangkan keterampilan praktis yang relevan dengan bidang studi mereka. Dengan demikian, mereka akan lebih siap menghadapi dunia kerja yang kompetitif setelah lulus dari perguruan tinggi. (Humas Unusa)