FK Unusa 7 Kali Torehkan Prestasi Raih Predikat First Taker 100 Persen

Surabaya – Prestasi membanggakan berhasil ditorehkan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa). Pasalnya, baru berdiri di tahun 2014 FK Unusa berhasil meraih predikat first taker (lulus 100 persen) peserta Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) yang diselenggarakan Kemenristek-Dikti.

“Jadi kami patut bersyukur dengan capaian ini. Hal ini juga merupakan sebuah prestasi yang membanggakan,” ujar Dekan Fakultas Kedokteran Unusa, Dr dr Handayani, M.Kes., Kamis (20/4).

Handayani mengungkapkan uji kompetensi bagi calon dokter ialah momok menakutkan. Tak heran banyak peserta tidak lolos. Para dokter muda yang tak lolos UKMPPD, tidak akan diizinkan praktik kedokteran dalam program internship.

“Menjadi momok bagi mahasiswa (Fakultas Kedokteran), karena itu kami di Unusa memberikan program kepada mahasiswa sebelum mengikuti UKMPPD. Ini sebagai persiapan bagi mahasiswa agar nantinya siap saat mengikuti UKMPPD,” jelasnya.

“Program intensif itu dilakukan selama satu bulan ya. Jadi anak-anak yang sudah selesai kuliahnya tidak langsung mendaftar UKMPPD, tapi mengikuti program intensif sebagai persiapan terlebih dulu,” imbuhnya.

Handayani menuturkan, melalui program intensif tersebut pihaknya akan mengetahui seberapa jauh kesiapan anak didiknya untuk mengikuti UKMPPD.

“Kalau dia sudah siap baru kita daftarkan ikut UKMPPD. Dengan begitu kita bisa mendapatkan kelulusan yang bagus. Begitu didaftarkan langsung lulus, itu yang namanya first taker. Jadi satu kali ikut uji kompetensi langsung lulus,” paparnya.

Handayani mengungkapkan, sejauh ini secara keseluruhan FK Unusa telah meluluskan 128 dokter. Dari jumlah ini, 124 di antaranya lulus dengan predikat first taker.

“Jadi kalau diprosentase kelulusan kita 97 persen first taker. Ini adalah nilai yang sangat bagus karena sebuah institusi kedokteran itu dinilai bagus kalau berhasil meluluskan minimal 80 persen first taker,” ujarnya.

UKMPPD sendiri digelar sebanyak 4 kali dalam setahun, yakni di bulan Februari, Mei, Agustus, dan November. FK Unusa telah mengikuti UKMPPD sejak tahun 2021.

“7 kali periode kita mengikuti UKMPPD lulus first taker 100 persen. Ini menjadi hal yang patut kita syukuri. Alhamdulillah ya karena kita fakultas kedokteran swasta dan juga terhitung masih baru,” tandasnya. (***)