Unusa Targetkan Jadi Universitas Terkemuka di Asia Tenggara Pada Tahun 2030

Unusa Targetkan Jadi Universitas Terkemuka Asia Tenggara

Surabaya Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) menargetkan menjadi salah satu Universitas Unggul di Asia Tenggara pada tahun 2030 mendatang. Bahkan masuk 25 besar Universitas Terbaik di Indonesia.

Hal itu dikemukakan Wakil Rektor I Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa), Prof Kacung Marijan MA PhD, sembari menambahkan, bahwa tahun ini setidaknya target masuk 100 besar Universitas Terkemuka telah tercapai, bahkan 58 besar.

“Memang targetnya tahun-tahun ini, Unusa memang masuk 100 besar. Dan Alhamdulillah telah tercapai, bahkan kita masuk 58 besar,” ujarnya, Senin (3/4/2023).

Kini target Unusa ke depan, adalah mampu bersaing dengan Universitas Negeri maupun swasta terkemuka di Indonesia, bahkan Asia Tenggara. Menurut Prof. Kacung, untuk mewujudkannya, salah satunya dengan meningkatkan mutu pendidikan dan penelitian.

“Kita memang menaruh perhatian kepada pendidikan dan penelitian publikasi. Karena itu, para dosen kita dorong kesana, termasuk anggaran, dalam tiga tahun terakhir ini kita kucurkan cukup besar untuk investasi di bidang penelitian dan pendidikan,” imbuhnya.

Unusa sendiri menargetkan dapat menjadi Universitas yang diperhitungkan di ranah Asia Tenggara, pada tahun 2030 nanti.

“Nah untuk target menjadi Universitas terkemuka di Asia Tenggara, tentu saja butuh waktu, paling tidak tahun 2030, kita sudah bisa menjadi salah satu Universitas terkemuka di Asia Tenggara,” tandasnya.

Diakui Prof. Kacung Marijan, masih ada beberapa Pekerjaan Rumah (PR) yang harus diperbaiki Unusa, agar bisa bersaing dengan Universitas Internasional. Seperti meningkatkan kualitas infrastruktur, meningkatkan kualitas proses belajar mengajar, serta penjaminan mutu, dan kerjasama. (Humas Unusa)