D4 Analis Kesehatan Unusa Gelar Donor Darah

D4 Analis Kesehatan Unusa Gelar Donor Darah

Surabaya – Mengingat pentingnya persediaan kantong darah yang terus dibutuhkan rumah sakit dan Palang Merah Indonesia (PMI), Himpunan Mahasiswa (Hima) D4 Analis Kesehatan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) berkolaborasi dengan Rumah Sakit Dr Soetomo Surabaya mengadakan aksi donor darah, Selasa (21/3). Bertajuk “Mulailah Langkah Sederhana untuk Hidup Sehat dengan Give Blood Give Life”.

Janetra Yudhisnata sebagai ketua pelaksana mengungkapkan, penyelenggaraan ini bermula dari masukan yang diberikan asisten laboratorium di analis kesehatan, hingga kemudian direalisasikan oleh Hima D4 Analis Kesehatan.

“Berawal dari usulan itulah kami merealisasikan kegiatan Donor Darah ini. Kegiatan ini memiliki banyak manfaat untuk masyarakat dan diri kita sendiri, jadi kenapa tidak kami wujudkan,” ucapnya.

D4 Analis Kesehatan Unusa Gelar Donor Darah

Mahasiswa semester 4 tersebut menambahkan, kegiatan ini merupakan wujud solidaritas sesama manusia untuk membantu orang yang membutuhkan. Tercatat sebanyak 154 orang berminat untuk melakukan donor darah, namun hanya 119 orang yang memenuhi syarat atau kriteria kesiapan dalam berdonor darah.

“Melihat antusias dari peserta kami akan rencanakan kembali aksi donor darah ini untuk tahun depan dan semoga makin banyak lagi peminatnya. Harapannya dari kegiatan donor darah ini, semakin banyak orang yang berpartisipasi, semakin banyak nyawa yang dapat diselamatkan,” ucapnya.

Salah satu petugas donor sekaligus perwakilan dari Rumah Sakit Dr Soetomo, Rosa Lia mengatakan, adanya donor darah yang bekerjasama dengan mahasiswa Unusa ini sangat menguntungkan bagi pihak rumah sakit sekaligus PMI dan berharap kerjasama ini dapat berkelanjutan. “Stok darah di rumah sakit, terutama Dr Soetomo ini sangat dibutuhkan, apalagi tidak bisa mengandalkan PMI terus-terusan juga. Sebulan itu setidaknya kita butuh pendonor 2.500-3000 pasien, namun yang terjadi biasanya hanya 1.000-2.000 pasien. Jadi, harapannya semoga program kerjasama ini dapat terus bisa berlanjut agar bisa menstabilkan pasokan darah,” ucapnya. (Humas Unusa)