Susu Bonggol Jagung Dapat Redakan Kolesterol

Surabaya – Lima mahasiswa Fakultas Kedokteran Unusa menciptakan susu bonggol jagung yang dapat dikonsumsi serta memiliki banyak khasiat seperti mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Lima mahasiswa kedokteran ini adalah Indana Yasmin, Hilyatun Nabila, Malva Audina Azhara, Belqis Nurul Islam dan Bagus Fajar.

Dimana sebelumnya kelima mahasiswa ini menilai banyak masyarakat yang membuang bonggol jagung dan hanya memanfaatkan biji jagungnya saja. Dimana banyak khasiat dari bonggol jagung tersebut yang mengandung senyawa kimia flavonoid yang bermanfaat untuk mengurangi kolesterol.

Dengan digabungkan susu dan madu membuat minuman susu bonggol jagung ini memiliki khasiat yang cukup baik. “Ditambah kami menambahkan agar-agar yang memiliki serat yang cukup baik untuk sembelit,” ungkap salah satu mahasiswa Indana Yasmin.

Memiliki rasa jagung, Yasmin yakin susu ini disukai oleh masyarakat. “Rasa jagung ini karena saat prosesnya bonggol jagung direbus bersama susunya yang membuat rasa susunya memiliki rasa jagung,” ungkapnya.

Jagung merupakan salah satu komoditi unggulan dari provinsi Jawa Timur, banyaknya permintaan jagung ini membuat banyaknya bonggol jagung yang terbuang begitu saja. Hal ini yang membuat lima mahasiswa ini mencoba untuk mengolah bonggol jagung tersebut.

Dengan memiliki khasiat yang baik, kelima mahasiswa ini mencoba untuk merebus bonggol jagung tersebut dengan susu. Setelah mendidih kelimanya menyaring susu tersebut ke sebuah wadah untuk didinginkan dan dikasih madu sebagai pemanis minuman tersebut.

Lalu, susu tersebut dimasukkan botol yang sudah berisikan agar-agar. “Setelah itu bisa dikonsumsi selagi hangat atau dingin biar lebih enak,” ungkapnya.

Saat ini sendiri, kelimanya berencana untuk menjual Sooja ini ke pasaran. “Kami melihat animo yang ada disini (Bazar FK Unusa.red) cukup bagus, mungkin kami akan menggunakan rasa susu lainnya biar bisa dikonsumsi oleh masyarakat dari semua usia,” terangnya. (humas)