Tingkatkan Kompetensi Guru, Unusa Jalin Kerjasama Dengan BBGP Jawa Timur

Batu – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unusa menandatangani kerjasama dengan Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jawa Timur, Sabtu (10/12).

Perjanjian kerjasama ini ditandangani Dekan FKIP Unusa, Dr. Mohammad Thamrin Hidayat dan Kepala BBGP Provinsi Jawa Timur Abu Khaer, serta disaksikan oleh Wakil Rektor 1 Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) Prof Kacung Marijan.

Prof Kacung Marijan mengatakan, MoU ini sangat penting bagi Unusa terutama FKIP. Menurutnya, baik mahasiswa maupun dosen butuh partner untuk mengembangkan kapasitas mereka.

“Kerjasama dengan BBGP Jawa Timur ini sangat penting, karena guru punya peran sangat penting dalam pengembangan potensi murid-muridnya,” tuturnya.

Disisi lain, kata Prof Kacung, BBGP memiliki pengalaman dalam mengembangkan atau memberdayakan guru, Kepala Sekolah, Calon Kepala Sekolah, melaksanakan dan mengembangkan pemetaan kompetensi serta supervisi.

Sehingga pengembangan kompetensi guru bisa dilalui secara bersama-sama mengacu pada implementasi kurikulum merdeka.

“Mudah-mudahan kerjasama ini berjalan baik.
Fungsi BBGP semakin maksimal dan Unusa menghasilkan calon tenaga pendidik yang berkopeten,” ujarnya.

Sementara itu Kepala BBGP Jawa Timur Abu Khaer menyambut baik kerjasama antara Unusa dengan BBGP Jawa Timur.

Mengingat saat ini BBGP Jatim mendapat amanah untuk mengampu ratusan komunitas Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) di Jawa Timur.

“Terimakasih kepada Unusa atas kerjasamanya dalam pengembangan kapasitas guru di Provinsi Jawa Timur,” ucapnya.

Perlu diketahui, Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jawa Timur adalah Unit Pelaksana Teknis Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi di Bidang Pengembangan dan Pemberdayaan Guru, Pendidik lainnya, Tenaga Kependidikan, Calon Kepala Sekolah, Kepala Sekolah, Calon Pengawas Sekolah, dan Pengawas Sekolah. (humas)