Prodi S1 Gizi Unusa Raih Akreditasi Unggul Kedua PTN/PTS dan Pertama PTS se-Indonesia

Surabaya – Kabar gembira diterima civitas akademika Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa). Program Studi S1 Gizi Unusa berhasil mendapatkan Akreditasi Unggul dari Lembaga Akreditasi mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAMPTKes) berdasarkan Surat Berita Acara Rapat Pleno Majelis Akreditasi No. 018/LAM-PTKes/BA Akr/IX/2022 tanggal 30 September 2022.

Ketua Program Studi S1 Gizi Unusa, Rizki Nurmalya Kardina, S.Gz., M.Kes., menyambut baik atas diperolehnya penilaian tersebut. ‘Penilaian ini membuktikan jika tata kelola yang kami jalankan,’ kata Rizki menambahkan, ‘sudah sesuai pada rel yang telah digariskan terkait dengan tata kelola perguruan tinggi’.

“Kami memang bersungguh-sungguh dalam mengelola prodi karena ini merupakan amanah dari umat. Hasil akreditasi ini adalah salah satu bukti kesungguhan kami. Kami sangat bersyukur atas hal ini. Di dalam data di Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAMPTKes) terdapat 87 Program Studi S1 Gizi, sedangkan yang tergabung di keanggotaan Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Gizi Indonesia (AIPGI) sebanyak 104. Sementara itu yang mendapatkan nilai unggul baru ada 2 prodi Gizi, yakni Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa). Jadi, prodi Gizi Unusa mendapat predikat Unggul yang kedua setelah Prodi Gizi UI dan yang pertama untuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS),” katanya, Senin (10/10) siang.

Selain adanya proses pembelajaran dan infrastruktur yang baik, Prodi Gizi Unusa juga aktif melakukan aktivitas dan kerjasama internasional. Di antaranya, sejak 2021, UNUSA mendapatkan hibah dari UNICEF untuk mengatasi stunting di Jawa Timur. Melalui kerjasama ini, UNUSA tidak hanya memperoleh pendanaan sebesar 1,1 M per tahun dari UNICEF, melainkan juga banyak belajar dan mengembangkan strategi tentang bagaimana mengatasi gizi buruk dan stunting di Indonesia.

 Atas capaian ini yang diraih itu, Kaprodi S1 Gizi Unusa berharap agar menjadi tambahan energi semangat agar selalu dapat meningkatkan kualitas program studi, serta mencetak lulusan yang kompeten sesuai dengan visi dan misi program studi S1 Gizi Unusa yang telag ditetapkan.

‘Kami juga mengundang para lulusan SMA/MA/SMK  dari berbagai daerah di Indonesia untuk bergabung dan belajar di Prodi Gizi Unusa. Hasil akreditasi ini membuktukan bahwa prodi Gizi Unusa merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia,’ pungkasnya.